Apa Itu Presidensi G20 yang Diserahkan Italia ke Indonesia untuk Periode Selama Setahun?

- 25 Februari 2022, 16:30 WIB
Simak apa itu Presidensi G20 yang kini diemban oleh Indonesia selama setahun hingga November 2022 mendatang.
Simak apa itu Presidensi G20 yang kini diemban oleh Indonesia selama setahun hingga November 2022 mendatang. /Tangkap Layar: YouTube.com/Sekretariat Presiden

BERITA DIY - Simak apa itu Presidensi G20 yang kini diemban oleh Indonesia selama setahun hingga November 2022 mendatang. Indonesia memegang G20 sejak 1 Desember 2021 silam.

Penyerahan pemegang Presidensi G20 telah dilakukan oleh Italia kepada Indonesia di Roma pada 31 Oktober 2021 lalu. Indonesia baru akan berhenti memegang Presidensi G20 hingga digelarnya KTT G20 di Bali.

Dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, pada Jumat, 25 Februari 2022, Presiden Jokowi mengatakan tema G20 tahun 2022 ialah "Recover Together, Recover Stronger".

Baca Juga: Dampak Perang Rusia - Ukraina bagi Indonesia dan Dunia, Bagaimana Nasib WNI di Ukraina?

Masih dari tayangan YouTube yang sama, pemerintah Indonesia menyebut akan fokus mengerjakan tiga hal.

Ketiga hal tersebut yakni penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.

Menyambut tiga hal yang difokuskan oleh pemerintah dalam memegang Presidensi G20, Kemenkes, via siaran pers Menteri Kesehatan Budi Sadikin, mengerucutkan tiga hal tadi ke dalam agenda bidang kesehatan.

Baca Juga: Apa itu Chernobyl yang Diambil Alih Pasukan Rusia, Salah Satu Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Ukraina?

Adapun agenda kesehatan yang menjadi isu prioritas ialah membangun ketahanan sistem kesehatan global, harmonisasi standar protokol kesehatan global, dan memperluas manufaktur global dan pusat pencegahan pandemi.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x