Profil Negara Ukraina yang Diserang Rusia: Presiden, Populasi, hingga Penyebab Konflik

- 24 Februari 2022, 18:10 WIB
ilustrasi Profil Ukraina: Negara yang terancam perang, dari Presiden, populasi, hingga penyebab konflik dengan Rusia
ilustrasi Profil Ukraina: Negara yang terancam perang, dari Presiden, populasi, hingga penyebab konflik dengan Rusia /Pixabay/Jurono

BERITA DIY - Ukraina adalah negara yang berada pada timur Eropa. Sebelum pecah, Ukraina merupakan bagian dari Uni Soviet. Simak profil Ukraina: dari presiden, populasi, hingga sejarah konflik dengan Rusia.

Ukraina adalah negara yang terbesar setelah Rusia pasca runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991. Ibukota Negara Ukraina adalah Kyiv (Kiev) yang terletak di Sungai Dnieper bagian Utara Ukraina.

Ukraina saat ini dipimpin oleh Presidennya yang bernama Volodymir Zelensky dan Perdana Menteri bernama Denys Shmyhal. Negara ini memiliki populasi sebanyak 43 juta jiwa.

Baca Juga: Daftar Serangan Rusia pada Invasi Ukraina: Daerah Mana Saja, Beserta Update Kondisi dan Jumlah Korban

Dilansir dari britanicca.com, bahasa yang digunakan adalah Bahasa Ukraina. Bahasa ini mirip dengan Bahasa Polandia. Namun secara umum, bahasa yang paling banyak digunakan selain Ukraina adalah Turki, Polandia, Krimea, dan Rumania.

Sedangkan agama yang dominan di Ukraina adalah Kristen Ortodoks Timur. Agama minoritas termasuk Protestan, Katolik Roma, Islam (dipraktikkan terutama oleh Tatar Krimea), dan Yudaisme. Lebih dari dua perlima orang Ukraina tidak beragama.

Ukraina kini terancam perang setelah Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan deklarasi untuk melakukan invasi Rusia atas Ukraina. Ternyata Invasi tersebut dikatakan oleh pihak Rusia sebagai bagian dari perjanjian yang dibatalkan secara sepihak.

Baca Juga: Update Perang Rusia Ukraina Terbaru Hari Ini: Tujuan Presiden Putin Lakukan Serangan hingga Dikutuk Dunia

Dikutip dari euronews.com, pada akhir 2013, hubungan kedua pemimpin negara tersebut sangatlah erat. Ukraina yang melalui Presiden Victor Yanukovych membatalkan perjanjian yang akan mendekatkan Ukraina dengan uni Eropa.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x