Mengenal Sosok Mustafa Kemal Ataturk yang Diusulkan Jadi Nama Jalan di DKI Jakarta

- 19 Oktober 2021, 13:00 WIB
Ilustrasi jalan di Jakarta./ Mengenal profil dan biografi singkat Mustafa Kemal Ataturk, bapak revolusi Turki yang diusulkan jadi nama jalan di DKI Jakarta.
Ilustrasi jalan di Jakarta./ Mengenal profil dan biografi singkat Mustafa Kemal Ataturk, bapak revolusi Turki yang diusulkan jadi nama jalan di DKI Jakarta. /Pixabay.com/febriamar

BERITA DIY - Nama Mustafa Kemal Ataturk menjadi sorotan usai diusulkan jadi nama jalan di DKI Jakarta. Tentu saja usulan itu menimbulkan kontroversi dari sejumlah pihak.

Muhammad Iqbal, Duta Besar Indonesia untuk Ankara, Turki menjadi pengusul rencana penggantian nama jalan di DKI Jakarat itu.

Kabar yang beredar, nama Mustafa Kemal Ataturk akan menggantikan nama sebuah jalan di daerah Menteng, Jakarta. Presiden Turki sendiri yang kemungkinan besar akan meresmikannya secara langsung saat datang ke Jakarta awal tahun depan.

Baca Juga: Profil Zhao Wei atau Vicky Zhao yang Jejak Digitalnya Dihilangkan Pemerintah China dari Internet

Munculnya ide penamaan jalan di DKI Jakarta menggunakan nama Mustafa Keal Ataturk menajdi sorotan dan tanda tanya. Lantas siapa sebenarnya Mustafa Kemal Ataturk? Simak profil singkatnya.

Profil dan Biografi Mustafa Kemal Ataturk

Mustafa Kemal Ataturk lahir pada 1881 di kota Salonika (saat ini Yunani) yang berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Ottoman. Ia dikenal sebagai perwira lapangan Turki, negarawan revolusioner, penulis, dan bapak pendiri Republik Turki.

Mustafa Kemal Ataturk menjabat sebagai presiden pertama Turki dari tahun 1923 hingga kematiannya pada tahun 1938.

Baca Juga: Update Kasus Covid-19 Global Senin, 18 Oktober 2021: Angka Sembuh Capai 214 Ribu, Indonesia Urutan ke-14

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x