Profil Negara Vanuatu yang Kembali Sentil Indonesia Soal HAM di Papua

- 27 September 2021, 18:28 WIB
Ilustrasi - Negara Vanuatu sentil Indonesia soal kebebasan HAM di Papua.
Ilustrasi - Negara Vanuatu sentil Indonesia soal kebebasan HAM di Papua. /Pixabay.com/David Peterson

BERITA DIY - Simak profil negara Vanuatu yang dikabarkan kembali sentil Indonesia soal  Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua. Berikut informasi selengkapnya.

Baru-baru ini, negara Vanuatu menjadi sorotan setelah mengkritik Indonesia di Indonesia soal Papua di sidang PBB Minggu, 26 September 2021 lalu.

Hal ini bukan kali pertama Vanuatu menyampaikan kritik pedasnya terhadap RI. Hampir setiap tahunya, Indonesia mendapat sentilan terkait pelanggaran HAM oleh negara yang terletak di barat daya Samudra Pasifik ini.

Baca Juga: Profil Ribka Sugiarto, Atlet Badminton Ganda Putri yang Menang di Piala Sudirman: Biodata, Karier, dan IG

Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman Weibur menyebut adanya tindak pelanggaran HAM di Papua. Tidak hanya itu, Weibur bahkan meminta dalam pidatonya agar Kantor Komisaris HAM PBB mengunjungi Papua Barat dan memberikan penilaian independen tentang isu tersebut.

Vanuatu memang sebuah negara yang dikenal kerap menggaungkan masalah HAM diranah publik, terutama karena negara tersebut menjadi salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Papua menjadi sebuah negara yang berdaulat.

Profil Negara Vanuatu

Vanuatu merupakan sebuah negara yang terletak di timur laut New Caledonia, tepatnya 1.770 kilometer sebelah timur Australia, dan 800 kilometer sebelah barat Fiji.

Baca Juga: Lagi, Jadwal Ikatan Cinta Alami Perubahan Jam Tayang Hari Ini Senin 27 September, Simak Jadwal Tayang Terbaru

Bahasa ibu yang digunakan di negara ini ialah Melanesia. Nama Vanuatu sendiri memiliki arti "tanah kami selamanya".

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x