16 September Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah, Tema, dan Link Twibbon Hari Ozon Sedunia

- 15 September 2021, 16:17 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah dan tema Hari Ozon Sedunia yang jatuh pada 16 September 2021.
ILUSTRASI - Simak sejarah dan tema Hari Ozon Sedunia yang jatuh pada 16 September 2021. /PEXELS/fmaderebner

BERITA DIY - Simak peringatan Hari Ozon Sedunia beserta tema tahun ini yang jatuh pada tanggal 16 September 2021. Disertakan pula link Twibbon perayaan yang bisa dipasang menjadi foto profil atau status di media sosial.

Hari Ozon Sedunia jatuh pada tanggal 16 September. Dilansir dari laman UN Habitat, tahun 2021 masyarakat dunia merayakan 35 tahun Konvensi Wina sekaligus perlindungan lapisan ozon global yang menjadi awal mula perayaan.

Cikal bakal Hari Ozon Dunia sebenarnya telah ada sejak tahun 1970-an. Ketika itu para ilmuwan merasa khawatir sebab manusia menciptakan lubang besar pada lapisan ozon.

Baca Juga: 15 September 2021 Diperingati Hari Apa? Simak Sejarah dan Tema Hari Demokrasi Internasional

Rusaknya lapisan ozon tersebut berdampak pada kesehatan manusia itu sendiri, seperti peningkatan kasus kanker kulit, katarak, dan penyakit lainnya.

Selain itu, degradasi lingkungan tersebut mengancam makhluk hidup lainnya, seperti flora dan fauna yang ekosistemnya akan terganggu.

Penemuan para peneliti akhirnya tidak sia-sia. Pada 22 Maret 1985, PBB mengadopsi Konvensi Wina untuk Perlindungan Lapisan Ozon yang lalu ditandatangani oleh 28 negara,

Baca Juga: Sejarah 13 September: Kematian Tupac Shakur, Rapper Anti Rasisme yang Dikabarkan Tewas Usai Ditembak

Lebih lanjut, dua tahun setelahnya, tepat pada September 1987, Konvensi Wina mengarah pada Protokol Montreal tentang Zat yang Merusak Lapisan Ozon.

Dikutip dari situs resmi PBB un.org, Majelis Umum PBB memproklamirkan tanggal 16 September sebagai Hari Ozon Sedunia.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x