Sejarah Peristiwa Pengeboman pada 11 September 2001: Kejadian yang Memantik Perang Amerika dengan Afghanistan

- 11 September 2021, 15:55 WIB
ILUSTRASI - Sejarah peristiwa 11 September pengeboman menara kembar WTC Amerika Serikat.
ILUSTRASI - Sejarah peristiwa 11 September pengeboman menara kembar WTC Amerika Serikat. /PIXABAY/MonicaVolpin

BERITA DIY - Terdapat peristiwa penting yang terjadi pada 11 September atau juga disebut dengan 11/9. Kejadian yang penting tersebut yaitu peristiwa pengeboman di Amerika Serikat yang mengejutkan dunia.

Peristiwa besar yaitu pengeboman gedung kembar atau yang diketahui bernama menara WTC tersebut mengakibatkan jatuhnya ribuan korban jiwa di dalam gedung maupun sekitaran tempat kejadian.

Pihak otoritas terkait mengonfirmasi bahwa dampak dari kejadian itu mengakibatkan sekitar 3000 orang meninggal dunia dan ribuan orang lainnya mengalami cidera sehingga mengalami trauma akibat peristiwa 9/11 itu.

Baca Juga: Apa Itu Negara Guinea? Letak dan Konflik Kudeta Presiden Alpha Conde oleh Kelompok Militer Pasukan Khusus

Kejadian yang kemudian dikenal dengan nama 9/11 atau peristiwa 11 September tersebut juga mengejutkan tak hanya di Amerika Serikat namun juga berbagai negara di seluruh dunia.

Bahkan dampak yang ditimbulkan dari peristiwa 9/11 ini membuat berbagai pihak otoritas keamanan di berbagai negara kembali memperbaiki sistem keamanan masing-masing untuk mencegah kejadian serupa.

Oleh sebab itu tanggal 11 September mendapat ingatan sendiri bagi warga dunia khususnya Amerika Serikat yang masih terus mengenang peristiwa pengeboman yang terjadi.

Baca Juga: Profil Sidharth Shukla, Bintang 'Balika Vadhu' dan Bollywood yang Meninggal Dunia di Usia 40 tahun

Meski banyak yang memperingati kejadian ini namun belum banyak yang mengerti sejarah awal dari kejadian yang menyebabkan ribuan korban jiwa meninggal pada Selasa pagi tersebut.

Kejadian pengeboman pertama kali bermula dari pembajakan pesawat komersil yang dilakukan oleh kelompok teroris kepada 3 pesawat yang akan melakukan penerbangan sesuai jadwal.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x