Gencatan Senjata Israel dan Hamas Palestina Disepakati, Joe Biden Berterima Kasih atas Peran Mesir

- 21 Mei 2021, 19:00 WIB
Ilustrasi gencatan senjata antara Israel dan Hamas Palestina.
Ilustrasi gencatan senjata antara Israel dan Hamas Palestina. /Pixabay/tprzem

BERITA DIY - Israel dan Hamas saat ini telah sepakat untuk melakukan gencatan senjata yang berlaku mulai hari ini Jumat, 21 Mei 2021 setelah melalui 11 hari pertempuran yang merenggut ratusan korban jiwa.

Gencatan senjata antara Israel dan Hamas dimediasi oleh Mesir untuk menghentikan pertempuran dan pelarangan melakukan penyerangan satu sama lain.

Pertempuran 11 hari Israel dan Hamas telah mengakibatkan korban jiwa dan kerugian materi yang besar, Palestina lah yang mengalami kerugian besar dibanding Israel karena hancurkan beberapa fasilitas publik.

Baca Juga: Profil AM Hendropriyono, Mantan Kepala BIN yang Sebut Konflik Palestina dan Israel Bukan Urusan Kita

Kabinet Keamanan Israel dan Hamas sebagai kelompok militan yang mengontor wilayah Gaza sepakat untuk menerima permintaan mediasi Mesir sebagai pihak ketiga.

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat turut buka suara atas gencatan senjata yang telah dilakukan Israel dan Hamas serta melontarkan pujian atas peran Mesir dalam diplomasi untuk Palaestina.

"Saya menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Presiden el-Sisi dan pejabat senior Mesir yang memainkan peran penting dalam diplomasi ini," Ungkap Joe Biden yang dikutip dari New York Post.

Baca Juga: Pidato Erdogan Kritik Keras Israel, Wakil Israel Balik Kanan Tinggalkan Sidang Umum PBB

Peran Mesir sebagai pihak ketiga terlaksananya gencatan senjata diapresiasi oleh berbagai pihak sebagai upaya diplomasi dan mewujudkan perdamaian internasional.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: New York Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x