Hajar Aswad: Asal-usul, Sejarah, Cara Mencium, dan Hadits yang Berkaitan Dengannya

- 5 Mei 2021, 12:05 WIB
Hajar Aswad: Asal-usul, Sejarah, Cara Mencium, dan Hadits yang Berkaitan dengannya.
Hajar Aswad: Asal-usul, Sejarah, Cara Mencium, dan Hadits yang Berkaitan dengannya. /Instagram.com/@reasahalharmain

BERITA DIY - Dunia tengah dihebohkan dengan rilisnya foto baru Hajar Aswad yang dikeluarkan pertama kalinya oleh Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Berbeda dengan foto-foto Hajar Aswad yang diketahui sebelumnya yang hanya berupa bongkahan batu hitam dibingkai logam perak, foto terbaru ini diambil dengan menggunakan teknologi Fox Stack Panorama dan berhasil mengumpulkan foto Hajar Aswad dengan tingkat kejelasan yang berbeda.

Dari mana asal Hajar al-Aswad?

Hajar Aswad (Hajar al-Aswad) berasal dari surga dan dipersembahkan kepada Nabi Ibrahim as untuk ditempatkan di sudut Ka'bah.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 5 Mei 2021: Riky Jadi Sosok yang Bongkar Sandiwara Elsa, Rafael Punya Sekutu Baru?

Ibn Abbas ra meriwayatkan bahwa Nabi Saw berkata: "Batu Hitam turun dari surga dan itu lebih putih dari susu, tetapi dosa anak-anak Adam mengubahnya menjadi hitam." (HR. Tirmidzi).

Doa yang dipanjatkan di Hajar Aswad akan dikabulkan dan pada hari kiamat batu tersebut akan bersaksi untuk semua orang yang menciumnya.

Nabi Saw berkata: “Demi Allah! Pada Hari Qiyamah (Kiamat) Allah akan mempersembahkan Hajar al-Aswad sedemikian rupa sehingga ia memiliki dua mata dan lidah untuk bersaksi tentang Imaan (iman) dari semua orang yang menciumnya. ” (HR.Tirmidzi).

Hajar Aswad ditempatkan di Ka'bah ketika orang Quraisy membangun kembali tempat ibadah tersebut.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X