Pertama Kali dalam Sejarah, Arab Saudi Rilis Foto Hajar Aswad Paling Jelas yang Pernah Ada

- 5 Mei 2021, 05:56 WIB
Pertama Kalinya dalam sejarah, Arab Saudi merilis foto Hajar Aswad yang paling jelas yang pernah ada dengan resolusi tinggi.
Pertama Kalinya dalam sejarah, Arab Saudi merilis foto Hajar Aswad yang paling jelas yang pernah ada dengan resolusi tinggi. /Twitter.com/@ReasahAlharmain

BERITA DIY - Perhatian Dunia Islam tengah tertuju pada Hajar Aswad karena untuk pertama kalinya Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi merilis foto close-up batu tersebut dengan resolusi tinggi pada Senin, 3 Mei 2021.

Untuk menghasilkan satu gambar dengan akurasi terbesar, teknologi Fox Stack Panorama berhasil mengumpulkan foto Hajar Aswad tingkat kejelasan yang berbeda.

Dikutip dari Sky News Arabia, untuk mendapatkan foto beresolusi 49.000 megapixel, butuh waktu 7 jam dengan 1.050 gambar Fox Stack Panorama.

Baca Juga: Bandingkan dengan Amerika Serikat, Fadli Zon Sebut Vaksinasi di Indonesia Lambat

Tak hanya mendapatkan fotonya saja yang membutuhkan waktu lama, proses editing foto juga membutuhkan waktu sekitar 50 jam.

Hajar Aswad sendiri menjadi titik awal sampai akhir saat menjalankan tawaf bagi jamaah haji maupun umrah. Untuk letaknya, Hajar Aswad terletak di sudut tenggara Ka'bah.

Dengan diameter 30 sentimeter dan berwarna kemerah-merahan, batu paling bersejarah bagi umat Islam itu dikelilingi bingkai perak murni untuk melindunginya.

Menyentuh dan mencium Hajar Aswad saat umrah, pun disunahkan.

Sebagai informasi, pemerintah Arab Saudi telah membuka Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah umrah dan sholat selama Ramadhan 2021. Jamaah yang diperbolehkan beribadah di dalam masjid tersebut adalah jamaah yang telah divaksin.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Sky News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X