Daftar Pemimpin di Dunia yang Pernah Mengalami Kudeta Militer

- 1 Februari 2021, 14:30 WIB
Ilustrasi: Kudeta Militer di Sejumlah Negara
Ilustrasi: Kudeta Militer di Sejumlah Negara /pixabay/ defence-imagery

BERITA DIY – Sejumlah negara telah mencatat sejarah terjadinya kudeta pada pemerintahan negara mereka. Kudeta ini terjadi karena berbagai alasan dan berlangsung dalam waktu yang bervariasi.

Kudeta merupakan suatu tindakan perebutan kekuasaan pemerintahan secara paksa yang dilakukan oleh sejumlah kelompok. Salah satu kelompok yang dapat melakukan kudeta adalah militer.

Sejumlah negara seperti Zimbabwe, Turki, Mesir, Mali, Libya, Thailand dan Irak pernah mengalami kudeta yang dilakukan oleh militer. Sebagaian besar kudeta tersebut berhasil namun beberapa lainnya gagal.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi Hari Ini, Berikut Penjelasan Lengkap Terkait Bank Syariah Indonesia

Berikut adalah daftar nama pemimpin negara yang pernah mengalami kudeta selama 20 tahun ke belakang dihimpun BERITA DIY dari berbagai sumber:

  1. Robert Mugabe – Presiden Zimbabwe

Terjadi pada tahun 2017 hal ini karrena selama masa pemerintahnya Zimbabwe mengalami kemiskinan dan pemerintah melakukan korupsi. Kudeta berakhir setelah Robert Mugabe mengundurkan diri pada tanggal 27 November 2017.

  1. Recep Tayyip Erdogan – Presiden Turki

Kudeta ini terjadi pada tahun 2015, namun tidak berhasil karena rakyat masih menghendaki pemimpin mereka. Erdogan kemudian melakukan permebersihan di berbagai sektor dan dari pengaruh Gulen.

  1. Mohammad Mursi – Presiden Mesir

Kudeta ini terjadi pada tahun 2013 diawali dengan demonstrasi besar-besaran yang menuntut Mursi untuk turun dari jabatannya Kudeta ini dipimpin langsung oleh Menteri Pertahanan Jendra Abdul Fattah el Sisi dan setelah menggulingkan Mursi, ia mengikuti pemilu dan terpilih.

Baca Juga: PPKM Dinilai Tak Efektif, Jokowi: Implementasi Tak Tegas

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x