Presiden Chad Idriss Deby Meninggal Dunia di Tangan Pemberontak

- 22 April 2021, 14:00 WIB
Presiden Chad Idriss Deby Itno meninggal dunia saat memimpin militer melawan pasukan Pemberontak di negeri itu.
Presiden Chad Idriss Deby Itno meninggal dunia saat memimpin militer melawan pasukan Pemberontak di negeri itu. /REUTERS/Regis Duvignau/Pool

BERITA DIY - Kabar duka tengah melanda Negera Chad dan segenap rakayatnya. Pasalnya, Presiden Chad Idriss Deby meninggal dunia saat mengunjungi pasukan militer negara itu di garis depan.

Idris Deby yang menjabat sebagai Presiden Chad telah menjabat selama 30 tahun sebelum kemudian meninggal pada usia 68 tahun.

"Presiden republik, kepala negara, panglima tertinggi angkatan darat, Idriss Deby Itno, baru saja menghembuskan nafas terakhir saat mempertahankan integritas bangsa di medan perang," kata juru bicara militer Azem Bermandoa Agouna dalam pernyataan yang disiarkan televisi dilansir laman Aljazirah, Rabu, 21 April 2021.

Baca Juga: Rizal Ramli Disebut Potensial Jadi Capres 2024, Ferdinand Hutahaean Bereaksi: Lebih Potensial Kang Ondel-ondel

Meninggalnya Deby diumumkan secara langsung oleh Angkatan bersenjata Chad dan hal itu menggemparkan seluruh negeri. Menurut pengumuman yang disampaikan itu, Deby meninggal karena luka yang ia derita sejak sepekan lalu.

Pada pekan lalu, Deby memimpin pasukan tentara di garis depan guna menumpas pemberontak yang bergerak maju dari utara menuju Ibu Kota N’Djamena.

Kelompok pemberontak Front for Change and Concord in Chad (FACT), yang berbasis di Libya, melintasi perbatasan utara dari Libya menuju ke Chad pekan lalu. Sebagai informasi, sebagian besar anggota FACT terdiri dari para pembangkang militer.

Pemberontakan yang terjadi pekan lalu itu merupakan pemberontakan terbaru yang berlangsung pada hari pemilihan 11 April 2021. Deby mencalonkan diri untuk masa jabatan yang keenam dan kontroversial karena berlangsung dalam pemungutan suara yang diboikot oleh partai-partai oposisi utama.

Sebelum pemilihan selanjutnya diadakan, Mahamat Idriss Deby (37), anak laki-laki Deby yang seorang jenderal bintang empat akan memimpin dewan militer transisi selama 18 bulan ke depan.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x