Review Film Pelukis Hantu (2020): Ketika Komika StandUp Komedi Bikin Karya Horor, Seru Abis

- 28 Oktober 2020, 19:34 WIB
Film
Film /instagram.com/arie_kriting/

BERITA DIY - Bagi kalian yang mencari tontonan hiburan di masa pandemi dan mengisi waktu luang selama liburan dengan suguhan menarik, ada salah satu film rekomendasi berjudul Pelukis Hantu.

Pelukis Hantu menjadi debut film pertama bagi Arie Kriting sebagai sutradara dan penulis naskah. Pelukis Hantu rilis perdana pada 16 Oktober 2020 kemarin di channel Disney Plus Hostar.

Bergenre horor-komedi film ini berkisah tentang seorang pelukis bernama Tutur (Ge Pamungkas) yang sedang mengalami kesulitan finansial sedangkan ibunya (Aida Nurmala) membutuhkan biaya pengobatan penyakit parunya.

Baca Juga: Review Start Up, Drama Korea Tentang Bisnis yang Dimainkan Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk

Tutur yang memegang idealisme tinggi terhadap karya lukisnya malah kesusahan menjual karya-karya miliknya. Ia selalu mengutamakan kejujuran dan harga yang semestinya.

Sampai pada suatu titik dirinya mendapat tawaran dari sebuah stasiun televisi untuk program acara horor bernama "Arwah" dan dirinya ditempatkan sebagai pelukis supranatural dengan mata tertutup, padahal dirinya tidak memiliki kemampuan melihat makhluk gaib.

Tapi anehnya ketika Tutur mencoba melukis dengan mata tertutup dan tak memiliki kemampuan supranatural, dirinya malah berhasil melukis sesosok kuntilanak (Jenny Zheng) dan itu terjadi berulang kali.

Baca Juga: Review dan Sinopsis Film Enola Holmes 2020 : Petualangan Detektif Perempuan Adik Sherlock Holmes

Beberapa misteri akan terpecahkan di film ini.

Film berdurasi ini 95 menit yang diproduksi MD Entertaiment dan diproduseri Manoj Punjabi.

Baca Juga: Review Start Up, Drama Korea Tentang Bisnis yang Dimainkan Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk

Disutradari Arie Kriting yang kiprah sebelumnya dikenal sebagai juara tiga Stand Up Comedy Indonesia 2013 dan beberapa kali terlibat proyek film bersama sutradara kenamaan seperti Ernest Prakarsa, Riri Reza. Arie sendiri sebelumnya pernah menuliskan naskah untuk series Cek Toko Sebelah 2.

Arie Kriting dalam menggarap Pelukis Hantu sebagai film bergenre horor-komedi berhasil menempatkan porsi-porsi drama, komedi, horor-nya sesuai takaran tidak berlebihkan.

Ketika adegan horor benar-benar dibangun suasana yang bikin merinding, didukung dengan make-up sosok kuntilanak yang totlitas mampu menghasilkan suatu jumpscare.

Baca Juga: Upah Minimum Karyawan Tahun Depan Tidak Naik Karena Covid-19, Menaker: Ini Jalan Tengah

Begitupun sentuhan-sentuhan komedi sepanjang film juga tidak berlebihan sehingga tidak menghilangkan plot utama cerita.

Bahkan dengan rapinya Arie berhasil menyelipkan sentilan-sentilan yang menyindir untuk dunia perpolitikan dan pertelevisian.

Namun cukup disayangkan pengembangan karakter dalam film Pelukis Hantu ini tidak begitu dieksplorasi, Ge Pamungkas sebagai komedian berhasil membuat penonton tertawa, namun rasa emosional yang dirasakan Tutur kurang diperlihatkan Ge Pamungkas.

Pelukis Hantu selain menghadirkan Ge Pamunkas dan Michelle Ziudith juga ada Abdur Arsyad, Alyssa Daguise, Hifdzi Khoir, Soleh Solihun, Ernest Prakarsa, Arie Kriting, Dodit Mulyanto, David Nurbianto, Ardit Erwanda, dan banyak lainnya.

Secara keseluruhan film Pelukis Hantu ini benar layak ditonton dan menjadi bahan hiburan dikala senggang.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x