‘Sangcheo Badeun Maeum’ Single Korea Pertama Rossa dari Hati yang Kau Sakiti

- 14 Agustus 2020, 23:01 WIB
Single terbaru Rossa 'Hati yang Kau Sakiti' versi korea telah dirilis di semua platform digital /Tangkap Layar Spotify/Rossa

BERITA DIY - Dua bulan lalu Diva Indonesia, Rossa mengunggah musik video di saluran YouTube milikinya ‘Hati yang Kau Sakiti’ versi Bahasa Korea. Tak disangka lagu tersebut menuai banyak respon positif bahakan dicover ulang Youtuber Korea.

Dalam konferensi press virtual untuk perilisan ‘Sangcheo Badeun Maeum’, judul versi korea, pada 14 Agustus 2020,  Rossa menceritakan kalau yang ia unggah di YouTube merupakan versi iseng-iseng saja, bukan niat dirinya melakukan recording

“Saya, ‘waduh itu kualitasnya bukan kualitas recording, itu kualitas iseng-isengnya saya,” terang Rossa. “Pas pertama rekam di depan tv di rumah ditemani road manager saya. Kita rekam iseng sekali. Saya minta keyboardis satu nada simpel. Saya rekam sambil rebahan,” sambung Teh Ocha, sapaan akrab Rossa.

Baca Juga: Rilis di Indonesia, Ini Fitur Unggulan Realme C12 Seharga Rp 1 Jutaan

Dirinya mengungkapkan bagaimana proses rekaman ‘Sangcheo Badeun Maeum’ di studio membutuhkan waktu lebih lama dibanding versi Indonesia. Karena kendala bahasa, menyelesaikan satu lagu Rossa butuh lima jam take vocal, padahal kalau biasa dalam dua jam bisa selesai.

“Itu buat karir musik saya take vocal paling lama karena kalau dalam bahasa Indonesia saya nyanyi satu jam selesai,” ungkapnya.

Rossa juga mengakui kesulitannya menyanyikan lagu dalam Bahasa Korea, meski dirinya telah mempelajari Bahasa Korea secara intensif selama enam bulan. Menurutnya pelafalan L dan R cukup sulit, karena aksen dan bahasanya berbeda dengan Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Tolak Omnibus Law, Aliansi Rakyat Bergerak Kembali Gelar Aksi #GejayanMemanggil

Dalam perilisan single  ‘Sangcheo Badeun Maeum’ Rossa dibantu Gamaliel selaku vocal director dan Ari Aru Renaldi sebagai penata musik. Ia merasa punya tanggung jawab kerena lagu ‘Hati yang Kau sakiti’ yang ia gubah ke versi korea menjadi viral.

Pasalnya 'Hati yang Kau Sakiti' versi Korea bermula dari kesukaan Rossa menonton K-drama The World of Married, yang jalan ceritanya tentang seorang istri diselingkuhi suaminnya, kemudian Rossa meminta tolong sahabatnya yang di Korea untuk menerjemahkan lagu tersebut ke dalam Bahasa Korea.

Halaman:

Editor: Ina Nurhayati


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X