Jessica Mila Idap Skoliosis, Ini 5 Olahraga Ringan untuk Penderita Skoliosis

- 14 Agustus 2020, 13:42 WIB
Pose bird-dog dalam yoga. /Verywell Fit

BERITA DIY – Baru-baru ini aktris pemeran Rara dalam film Imperfect, Jessica Mila, mengaku mengidap skoliosis sejak SMP. Skoliosis merupakan kondisi dimana tulang belakang melengkung seperti hurud C atau S.

Aktris kelahran Aceh ini mengaku harus memakai baju khusus selama 22 jam sehari untuk mempertahankan bentuk tulang punggungnya. Ia juga melakukan beberapa terapi yang biasa dilakukan para penderita skoliosis agar tulangnya tetap lentur dan tidak kaku.

Rasa nyeri dan pegal pada tulang belakang adalah teman dekat para penderita skoliosis. Oleh karenanya, kegiatan fisik seperti olahraga harus disesuaikan dengan posisi kelainan yang ada. Nah, berikut ini terdapat beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh para pengidap skoliosis.

Baca Juga: Dicari! 500 Siswa untuk Mendapatkan Beasiswa S1 di Universitas Pelita Harapan Senilai Rp 100 Miliar

1. Yoga

Yoga merupakan serangkaian aktivitas fisik yang biasanya mengandalkan teknik pernapasan, perengganggan, keseimbangan, serta meditasi. Di dalam yoga terdapat beberapa pose atau gerakan yang bisa dilakukan sebagai terapi bagi penderita skoliosis. Pose seperti cat-camel atau bird-dog bisa menjadi alternatif. Pose ini melibatkan perenggangan pada tulang belakang sehingga mampu meredakan nyeri jika dilakukan secara rutin.

2. Berenang

Berenang gaya bebas.
Berenang gaya bebas. Arena

Berenang juga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga bagi para penderita skoliosis. Olahraga ini memang melibatkan semua anggota badan untuk bergerak, tapi penderita skoliosis harus selektif ketika memilih gaya berenang. Sebaiknya gunakan gaya bebas saat berenang dan hindari berenang dengan gaya dada dan gaya kupu-kupu. Berenang secara rutin mampu membantu memperkuat otot punggung serta baik bagi kesehatan jantung dan paru-paru.

Halaman:

Editor: Fiqih Rahmawati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X