Cek Penerima BLT BBM Tahap 2 Bulan Desember 2022: Bantuan Cair Rp300 Ribu Untuk Pelaku UMKM dan Nelayan

- 15 Desember 2022, 19:40 WIB
Ilustrasi cara cek penerima BLT BBM tahap 2 untuk pelaku UMKM hingga nelayan cair tunai Rp300 ribu bulan Desember 2022.
Ilustrasi cara cek penerima BLT BBM tahap 2 untuk pelaku UMKM hingga nelayan cair tunai Rp300 ribu bulan Desember 2022. / PIXABAY/@Ekoanug

BERITA DIY - Pemerintah masih mengoptimalkan penyalurann BLT BBM tahap 2 senilai Rp300 ribu langsung tunai di bulan Desember 2022 untuk seluruh penerima di berbagai wilayah secara tepat waktu.

Hal ini dimaksudkan agar penerima baik pelaku UMKM hingga nelayan dapat memanfaatkan dana bantuan untuk menunjang kelangsungan kerja harian.

Dilansir dalam https://kemensos.go.id/bantuan-langsung-tunai-blt-bbm, pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM untuk melindungi daya beli masyarakat prasejahtera akibat tekanan berbagai kenaikan harga secara global.

Dengan adanya BLT BBM ini, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian.

Baca Juga: Cek Penerima BLT BBM Rp300 Ribu Tunai Bulan Desember 2022 Untuk 20 Juta KK Prasejahtera di Link Kemensos Ini

BLT BBM setiap bulannya dialokasikan senilai Rp150 ribu dan disalurkan untuk 4 bulan penyaluran. Meski demikian, bantuan bisa diterima per dua bulan atau dengan kata lain terbagi dalam 2 tahap pencairan.

Untuk BLT BBM tahap 1 ditujukan untuk bulan September dan Oktober, sementara tahap 2 adalah penyaluran untuk bulan November dan Desember 2022.

"BLT BBM diberikan ke masyarakat selama empat bulan, per bulannya diberikan Rp150 ribu, jadi totalnya Rp600 ribu, dan diberikan dua kali," ungkat Presiden Joko Widodo pada penyaluran BLT BBM 1 di PT Pos Indonesia Santani, Jayapura, Papua pada Rabu 31 Agustus 2022 dalam Kemensos.

Lebih lanjut tujuan BLT BBM diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan konsumsi masyarakat menjadi lebih baik pasca kenaikan harga bahan bakar yang cukup berdampak pada harga pangan.

Baca Juga: Golongan Rentan Ini Bisa Dapat Subsidi BLT BBM Bulan November dan Desember 2022: Simak Cara Cek Status Bantuan

BLT BBM 2022 tahap 2 Rp300 ribu bisa cair jika KK prasejehtera memenuhi syarat sebagai berikut ini:

1. Warga negara Indonesia dibuktikan dengan KTP.

2. Masuk dalam golongan masyarakat miskin atau rentan miskin.

3. Terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kemensos.

4. Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN).

5. Bukan anggota TNI dan Polri.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x