Apa Itu Wibu? Ini Pengertian dan Arti Istilah Dunia Penyuka Budaya Jepang, Perbedaan dengan Waifu dan Otaku

- 3 Januari 2022, 17:50 WIB
Apa itu wibu? Simak pengertian dan arti dari istilah dunia penyuka budaya Jepang seperti waifu atau otaku dan apa perbedaannya dengan wibu.
Apa itu wibu? Simak pengertian dan arti dari istilah dunia penyuka budaya Jepang seperti waifu atau otaku dan apa perbedaannya dengan wibu. /PIXABAY/jsks

BERITA DIY - Apa itu wibu? Simak pengertian dan arti dari istilah-istilah dunia penyuka budaya Jepang yang saat ini sedang tren dan disukai oleh kamu muda. Apa perbedaan wibu, Waifu, dan otaku?

Istilah wibu sendiri datang dari bahasa Inggris Weebs atau Weeaboo yang bermakna seseorang yang begitu terobsesi dengan budaya Jepang atau yang merasa seakan mereka sedang tinggal di Jepang.

Istilah wibu hampir berdekatan dengan istilah Japanofilia dari segi makna. Japanofilia sendiri merupakan antonim dari istilah Japanofobia atau bisa dibilang bermakna "menyukai Jepang".

Baca Juga: Link Baca Manga One Piece 1037: Kekuatan Baru Luffy Ini Buat Kaido Terkejut

Hanya saja, perbedaan mendasar antara istilah wibu dengan Japanofilia ada pada jenis budaya Jepang yang disukai, mengingat seiring berjalannya waktu, budaya di setiap negara terus berkembang.

Istilah wibu sendiri lebih tepat jika dimaknai sebagai seseorang yang menyukai budaya populer kekinian Jepang yang berpusat pada Manga dan Anime.

Berbeda dengan Japanofilia yang lebih menyukai budaya Jepang secara keseluruhan seperti sejarah, pakaian tradisional, penggunaan aksara yang variatif, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jadwal Rilis dan Link Baca Manga One Piece Chapter 1037 Lewat Website Lengkap Subtitle Bahasa Indonesisa

Maka tak sedikit orang di beberapa negara menyebut wibu sebagai bentuk keterbelakangan jati diri kebangsaan seseorang karena lebih menyukai budaya negara lain ketimbang budaya negaranya sendiri.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x