Apa Itu Mletre? Ini Artinya dan Alasan Mengapa Viral di Tiktok dan Twitter

- 9 Desember 2021, 18:35 WIB
Apa itu Mletre? Istilah yang sempat viral di Tiktok dan Twitter sekaligus judul lagu dari Denny Caknan.
Apa itu Mletre? Istilah yang sempat viral di Tiktok dan Twitter sekaligus judul lagu dari Denny Caknan. /Tangkap Layar Youtube.com/ Denny Caknan

BERITA DIY – Kata Mletre menjadi salah satu topik yang paling banyak dicari melalui Google sepanjang tahun 2021. Ketahui apa itu Mletre lengkap dengan arti kata dan alasa mengapa sempat viral di Tiktok dan Twitter.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, kata Mletre ini memiliki banyak arti dan belum ada definisi pasti terkait istilah Mletre. Meskipun demikian, beberapa sumber menjelaskan secara sederhana apa arti kata Mletre sebenarnya.

Jika dicari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) baik online maupun cetak, istilah Mletre ini tidak dapat ditemukan karena Mletre sendiri merupakan kata gaul yang berasal dari bahasa Jawa.

Baca Juga: Apa Itu Gelay? Ternyata, Ini Artinya dan Alasan Mengapa Viral di TikTok hingga Twitter

Kata “Mletre” berasal dari kata Mlete dari bahasa Jawa yang bermakna sikap dan perilaku seseorang yang tidak menghargai orang lain. Bisa juga diambil dari kata mettre yang berarti menempatkan.  

Istilah “Mletre” dalam bahasa Jawa memiiliki arti yang negatif yaitu tidak menghargai orang lain. Istilah “Mletre” ini bisa digunakan sebagai sindirian bagi orang-orang yang memiliki perilaku menuruti ego sendiri dan tidak mau menghargai orang lain.

Selain itu, dalam balam bahasa Jawa Mletre juga memiliki arti pachelaton atau dalam bahasa Indonesia percakapan.  Dalam bahasa gaul, kata Mletre memiliki arti becek.

Baca Juga: Apa Itu Siskaeee? Kabar Terkini Usai Ditetapkan Sebagai Tersangka Pelaku Eksibisionis

Kata Mletre sempat viral setelah penyanyi pop Jawa, Denny Caknan berkolaborasi dengan Youtuber sekaligus rapper Young Lex merilis lagu berjudul Mletre pada 28 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x