Klik eform.bri.co.id/bpum Cek BLT UMKM pakai KTP, Ini Cara Daftar Banpres BPUM Rp 2,4 Juta

- 20 November 2020, 18:32 WIB
Link eform.bri.co.id/bpum untuk cek online daftar penerima BLT Banpres UMKMBPUM
Link eform.bri.co.id/bpum untuk cek online daftar penerima BLT Banpres UMKMBPUM /Mantra Sukabumi

BERITA DIY - Cukup dengan klik link formulir onlinr (eform) eform.bri.co.id/bpum, pelaku UMKM yang dapat SMS BPUM dari BRI INFO bisa cek nama mereka menggunakan NIK KTP. Jika nomor eKTP terdaftar, pelaku bisa mencairkan banpres Rp2,4 juta ke bank BRI.

Sedangkan jika NIK KTP tidak terdaftar di link tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, proses pendaftaran masih diseleksi. Kedua, tidak memenuhi syarat dapat bantuan. Ketiga, belum pernah daftar BLT Banpres UMKM.

Jika belum daftar, pelaku UMKM yang ingin dapat bantuan ini hanya bisa dapat dengan cara mengajukan diri ke kantor lembaga pengusul yang ditunjuk pemerintah.

Semula pendafatarn dilakukan secara online tingkat nasional. Namun kini hanya sebagian daerah yang bisa melakukan hal ini. Sebagian besar lainnya menerapkan pendaftaran secara langsung.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 Kapan Cair? Pastikan Namamu ada di Link Ini

Baca Juga: Cek dtks.kemensos.go.id, Ini Cara Dapat Bansos BST Rp 300 Ribu Per KK PKH yang Cair Bulan Ini

Pendaftaran tahap 2 dibuka hingga akhir bulan NOvember 2020 ini. Sedangkan tahap 1 sudah mulai cair sejak bulan Oktober 2020 lalu. Pencairan tahap 2 dilakukan hingga Desember 2020.

Menurut data terakhir yang disampaikan Kementerian Koperasi dan UKM, sudah ada 28 juta pelaku ussaha mikro yang daftar bantuan ini. Sedangkan kuota yang disediakan hanya 9 juta.

"Kami sekarang sudah menerima data 28 juta pelaku usaha mikro, padahal alokasinya untuk 12 juta pelaku usaha mikro. Namun, kita akan masih coba terus mencari solusinya, mudah-mudahan tahun 2021 kami telah usulkan kembali untuk terus dilanjutkan," ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Kemenkop UKM


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x