8 Juta Keluarga Dapat Bansos BST hingga Rp 600 Ribu per KK, Ini Cara Daftar dan Cek Penerima Online

- 9 November 2020, 15:41 WIB
Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (batik biru) pada Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 8 tahun 2020 dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Dana Desa di Kantor Desa Manyeti Kec. Dawuan, Kabupaten Subang (5/11).
Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (batik biru) pada Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 8 tahun 2020 dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Dana Desa di Kantor Desa Manyeti Kec. Dawuan, Kabupaten Subang (5/11). /Dok. PT Pos Indonesia

BERITA DIY - PT Pos Indonesia mencatat, 8 juta keluarga sudah dapat bantuan sosial tunai atau BST hingga Rp 600 ribu per KK.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi mengatakan hingga tahap ke tujuh, realisasi penyaluran BST Kemensos telah mencapai 99,18 persen.

"Untuk penyaluran BST tahap satu sampai dengan tujuh sudah terealisasi 99,18 persen," kata Faizal dalam keterangan tertulisnya, Senin, 9 November 2020.

Baca Juga: Ini Alasan BSU BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 Telat Cair, Ada Peserta Mau Dicoret

PT Pos saat ini mengambil peran penting dalam realisasi program pemerintah terkait Percepatan Ekonomi Nasional (PEN) yaitu dalam penyaluran BST kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak COVID-19.

Upaya percepatan PEN dilakukan diantaranya melalui perpanjangan berbagai program Kementerian Sosial dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) sampai dengan Desember 2020.

Baca Juga: Cara Daftar Bantuan UMKM Beserta Link Cek Penerima BPUM di Eform BRI eform.bri.co.id/BPUM via Online

Penyaluran BST tahap delapan direalisasikan pada November 2020 dan berlanjut hingga Desember 2020 untuk tahap sembilan dengan nilai bantuan sebesar Rp300 ribu per bulan per KPM.

BST menjangkau sembilan juta KPM diseluruh Indonesia kecuali DKI Jakarta yang mendapatkan Bansos Sembako. Dari sembilan juta KPM yang menjadi target BST, sebanyak 8,6 juta KPM yang disalurkan PT Pos dengan serapan hingga tahap enam mencapai 96,79 persen.

Sebelumnya BST telah disalurkan pada April-Juni 2020 dengan nilai bantuan sebesar Rp600 ribu per KPM, kemudian berkurang menjadi Rp300 ribu per KPM pada Juli-Desember 2020 seiring dengan bantuan-bantuan lain yang juga diberikan oleh berbagai kementerian/lembaga.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: posindonesia.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x