Jadwal BLT Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Tahap 1-4 Cair ke 15,7 Juta Pekerja, ke Mandiri, BNI, hingga BCA

- 26 September 2020, 04:27 WIB
Good News! Kemnaker Pastikan Bantuan Subsidi Gaji Tahap 4 Cair Hari ini, Cek ATM Segera!
Good News! Kemnaker Pastikan Bantuan Subsidi Gaji Tahap 4 Cair Hari ini, Cek ATM Segera! /Media Sosial | BPJS/

BERITA DIY - Pemerintah mulai menyalurkan subsidi gaji tahap IV untuk 2,8 juta pekerja. Hal itu dilakukan setelah Kementerian Ketenagakerjaan menyelesaikan pemeriksaan kelengkapan data yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.

"Alhamdulillah, proses cek kelengkapan data sudah selesai. Dari 2,8 juta data calon penerima tahap IV, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke KPPN. Sisanya, sekitar 150 ribu kami kembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi datanya. Hal ini kami lakukan agar betul-betul penerima subsidi upah/gaji tepat sasaran," katanya berdasarkan keterangan tertulis.

Baca Juga: 15,7 Juta Pekerja Peroleh BLT Subsidi Gaji Rp 2,4 Juta, Belum Terima? Lapor ke Sini via Online

Setelah proses pemeriksaan kelengkapan data atau check list, Kemnaker telah menyerahkan nomor rekening untuk pencarian tahap IV ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang akan mencairkan dananya ke bank penyalur yang tergabung di Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Pada tahap awal pencairan akan dilakukan ke Bank Himbara seperti BRI, BNI, BTN dan Mandiri. Sementara bank swasta seperti BCA, Bukopin, BTPN, dan lain sebagainya dikirim beberapa hari setelahnya.

Bantuan total Rp2,4 juta untuk pekerja dengan pendapatan di bawah Rp5 juta itu kemudian akan ditransfer langsung ke rekening calon penerima, baik yang berada di bank negara maupun swasta.

Baca Juga: Cara dan Syarat Memperoleh BLT Non PKH Rp 500 Ribu per KK, Beserta Link untuk Lapor Jika Tak Dapat

Selain penyaluran tahap IV yang menargetkan 2,8 juta orang, sebelumnya bantuan subsidi upah (BSU) sampai dengan 22 September 2020 sudah disalurkan kepada 8.822.208 orang atau 98,02 persen dari calon penerima sembilan juta pekerja dalam pencairan tahap I, II, dan III. 

Pemerintah menargetkan total 15,7 juta orang akan mendapatkan bantuan tersebut. Saat ini pencairan sudah sampai tahap 4, artinya sisa kuota akan dikirim setelahnya.

Baca Juga: 3,2 Juta UMKM atau Pelaku Usaha Kecil Masih Bisa Daftar BLT Banpres Rp 2,4 Juta, Ini Cara Lengkapnya

"Kita berharap penyaluran tahap IV ini terus berjalan dengan lancar seperti tahap I,II, dan III sehingga target penyaluran pembayaran tahap pertama bantuan subsidi upah/gaji bisa tercapai," kata Ida.***

 

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x