Setelah 180 Ribu, Manajemen Kartu Prakerja Akan Blokir Ratusan Ribu Peserta Lain! Ini Kriterianya

- 23 September 2020, 11:01 WIB
Kartu Prakerja Gelombang 10 segera dibuka.
Kartu Prakerja Gelombang 10 segera dibuka. /prakerja.go.id//prakerja.go.id

BERITA DIY - Sebanyak 180 ribu peserta program pelatihan Kartu Prakerja telah dicabut status kepesertaannya. Mereka merupakan peserta yang lolos seleksi pendaftaran gelombang pertama sampai keempat.

Menurut Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mereka yang dikeluarkan dari daftar peserta merupakan peserta yang tidak melakukan pembelian pelatihan setelah 30 hari terdaftar sebagai penerima. Kewenangan pencabutan itu diatur dalam Peraturan Menteri Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020.

"Pencabutan kepesertaan dari gelombang 1-4 telah kami lakukan dengan jumlah sekitar 180.000. Mereka tidak melakukan pembelian pelatihan dalam waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos seleksi," ujar Louisa saat dikonfirmasi Berita DIY, Rabu, 23 September 2020.

Baca Juga: Pencairan Insentif Sejak 12 September hingga Hari Ini Belum Tuntas, Ini Kata Direktur Kartu Prakerja

Louisa menegaskan, masih akan ada pencabutan kepesertaan untuk gelombang V sampai 9 sesuai jatuh tempo tiap gelombang. Khusus untuk gelombang V, pencabutan akan dilakukan pada hari Minggu (27/9).

Atas dasar itu, Louisa kembali mengingatkan agar peserta gelombang kelima segera melakukan pembelian pelatihan jika tidak ingin kena blacklist.

Baca Juga: Info Resmi: 7 Penyebab Insentif Kartu Prakerja Tak Cair, Nomor 6 Bisa Bikin Akunmu Hangus

"Gelombang 5 pencabutan akan dilakukan pada hari Minggu, 27 September, jam 23.59 WIB. Kami harap semua penerima Kartu Prakerja gelombang 5 yang belum membeli pelatihan pertama untuk segera melakukannya agar kepesertaan mereka tetap terjaga," pungkasnya.

Adapun mengenai peserta yang sebelumnya dikeluarkan dari daftar penerima, selain karena tidak membeli pelatihan, yakni karena mereka kedapatan sudah mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Akun Kartu Prakerja Kamu Bisa Dinonaktifkan Jika 5 Hal Ini Dilanggar, Insentif Bisa Hangus

Selain itu, hal lain yang mesti diperhatikan adalah membikin password yang gampang diingat. Sebab peserta yang dicoret sebelumnya, termasuk mereka yang tidak mengakses lagi akunnya karena lupa password, serta peserta yang tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan program Prakerja.***

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x