Pengumuman! 1,7 Juta Pekerja Gagal Dapat BLT Subsidi Gaji Tahap 3, Cek Namamu Masih Ada Atau Tidak

- 17 September 2020, 17:56 WIB
Kabar Gembira, Ternyata BLT Tahap 3 Sudah Cair, Segera Cek Rekning Anda
Kabar Gembira, Ternyata BLT Tahap 3 Sudah Cair, Segera Cek Rekning Anda /Pixabay/.*/Pixabay

BERITA DIY - BPJamsostek mencatat dari 15,7 juta pekerja yang ditargetkan menerima subsidi gaji Rp 2,4 juta selama empat bulan, ada 1,7 juta pekerja yang gagal mendapatkannya. Sebab data mereka tidak sesuai dengan kriteria meski terdaftar di BPJamsostek.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Agus Susanto menjelaskan, gagalnya 1,7 juta pekerja untuk mendapatkan subsidi gaji setelah pihaknya melakukan dua kali validasi.

Kata dia, dari 14,7 juta rekening pekerja yang masuk, pihaknya melakukan validasi tahap pertama dengan pihak perbankan. Hasilnya, 14,5 juta rekening valid.

Baca Juga: Bantuan Cair 2 Hari Ini, Berikut Jadwal BLT Subsidi Gaji Ditransfer ke BRI, BCA, Mandiri hingga BNI

Dari situ juga, ada 133 ribu rekening yang masih diproses dan 3.000 rekening tidak valid. Lalu, dilakukan validasi tahap kedua yang hasilnya dari 14,5 juta rekening yang lolos di tahap pertama, hanya ada 12,8 juta yang valid.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Serahkan 11,8 Juta Data Penerima BLT Subsidi Gaji Rp 2,4 Juta, Yuk Cek Rekening

Data itu pun diserahkan ke Kementerian Ketenagakerjaan untuk dicek kelengkapannya. Hasilnya, ada 1,7 juta rekening tidak sesuai kriteria.

Baca Juga: Bantuan BLT Subsidi Gaji Rp 2,4 Juta Mau Diperpanjang hingga Juni 2021, Ini Cara Daftar & Syaratnya

"Lalu kami lakukan validasi lapis kedua, hasilnya data 12,8 juta yang valid. Ternyata ada 1,7 juta tidak valid artinya tidak sesuai dengan kriteria Permenaker (Peraturan Menteri Ketenagakerjaan). 1,7 juta ini tidak bisa dilanjutkan atau kita drop," kata Agus dalam Forum Merdeka Barat 9 secara virtual, Kamis (17/9).

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Rp 600 Ribu per Bulan Sampai Sekarang Tak Cair? Lapor secara Online Kesini

Agus mengatakan dari 12,8 juta rekening yang sudah dicek kelengkapannya oleh Kemnaker, masih ada 1,2 juta yang masih harus diproses ulang atau sedang diperbaiki karena masih masuk dalam kriteria penerima. Data itu pun diserahkan Kemnaker ke BPJamsostek agar dikembalikan ke pemberi kerja.

Baca Juga: Belum Terdaftar Jadi Penerima? Tenang, 2,8 Juta Pekerja Akan Dapat BLT Subsidi Gaji Gelombang 4

Itu artinya, baru ada 11,8 juta rekening yang benar-benar memenuhi syarat hingga hari ini dan langsung diproses pencairannya yang dibagi dalam empat gelombang (batch).

Baca Juga: Tak Dapat Bantuan Corona Padahal Berhak? Ini Cara Lapor BLT atau Bansos Bermasalah via WA dan Email

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x