5 Juta Pendaftar Kartu Prakerja Tak Lolos karena 5 Hal Ini, Yuk Simak Agar Diterima Gelombang 9

- 16 September 2020, 15:50 WIB
Ilustrasi aduan pendaftar yang mengalami kegagalan/ Prakerja.go.id /

BERITA DIY - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mencatat, jumlah pendaftar Kartu Prakerja telah mencapai 23,17 juta orang. Dari jumlah itu, yang lolos verifikasi email sebanyak 18 juta orang.

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, mengatakan dari 18 juta orang, yang lolos validasi NIK berdasarkan data Dukcapil mencapai 13,4 juta orang. Lalu yang lolos verifikasi nomor telepon hanya 12 juta peserta.

Denni mengakui pendaftar yang tak lolos verifikasi email cukup tinggi. Menurut dia, hal tersebut terjadi karena banyak peserta tidak teliti ketika memasukkan alamat email atau email yang didaftarkan sudah penuh dan sudah lama tidak aktif.

"Saya minta tolong kenapa ada perbedaan 23 juta ke 18 juta, itu karena banyak yang salah ketik email-nya. Kedua, email ada yang penuh atau sudah lama tidak aktif atau masuk spam dan sebagainya. Jadi pastikan daftar Prakerja teliti dan cek sebelum submit email yang ditulis," ujarnya.

Baca Juga: Info Resmi: 7 Penyebab Insentif Kartu Prakerja Tak Cair, Nomor 6 Bisa Bikin Akunmu Hangus

Kemudian untuk verifikasi nomor telepon, jumlahnya juga kian menyusut dari 13,4 juta pendaftar, menjadi hanya tersisa 12 juta pendaftar saja.

Denni mengimbau pada peserta Kartu Prakerja untuk terus mengaktifkan nomor yang didaftarkan. Sebab nomor itu yang nantinya akan digunakan pemerintah untuk mentransfer insentif.

"Nomor telepon berguna untuk mentautkan rekening tempat insentif disalurkannya Rp 600 ribu itu. Kalau nomor telepon beda atau NIK beda atau akun tidak aktif, tentu lama buat teman-teman dapat insentif," ujarnya.

Baca Juga: Masih Ada 1 Juta Kuota, Ini Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 9

Menurut Denni, pihaknya setiap hari melakukan pembayaran insentif untuk sekitar 60-80 ribu orang penerima Kartu Prakerja.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X