BLT Rp 500 Ribu Per KK Cair Bulan September Ini, Begini Cara Cek Dapat atau Tidak

- 9 September 2020, 18:09 WIB
Ilustrasi blt. Pemerintah rencananya akan mencairkan BLT Rp 500 ribu per KK. Masyarakat bisa mengecek apakah termasuk penerima atau bukan.
Ilustrasi blt. Pemerintah rencananya akan mencairkan BLT Rp 500 ribu per KK. Masyarakat bisa mengecek apakah termasuk penerima atau bukan. /pixabay/5851928

BERITA DIY - Pemerintah melalui Kementrian Sosial akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 500 ribu per kepala keluarga (KK) mulai cair bulan September 2020 ini. Masyarakat dapat mengetahui cara apakah termasuk dapat bantuan ini atau tidak.

Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang bukan termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Hal ini sengaja dilakukan pemerintah untuk kembali memulihkan perekonomian masyarakat pasca pandemi covid-19 dengan cara menaikkan daya belinya setelah mendapat bantuan ini.

Baca Juga: 3 Kali Gagal Kartu Prakerja? Download Surat di Link Ini dan Lapor agar Lolos Seleksi

Untuk mengetahui apakah kita termasuk sebagai penerima BST atau bantuan langsung tunai (BLT) Rp500 ribu, bisa mengecek langsung melalui laman cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Kemudian setelah masuk pada halaman beranda, calon penerima bisa gunakan tiga alternatif untuk melakukan pengecekan, yakni ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), nomor Penerima Bantuan Iuran Peserta Jaminan Kesehatan atau peserta Kartu Indonesia Sehat (PBI JK/KIS), atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Baca Juga: Ini Cara Mengetahui Apakah Dapat Bantuan BLT UMKM Rp 2,4 Juta Atau Tidak, Akses Link di Sini

Baca Juga: Cek Saldo ATM Anda, BLT Rp 600 Ribu Tahap 3 Cair Hari Ini Ke Bank Berikut

Setelah pilihan identitas diisi, kita akan langsung bisa memasukan ID/nomor yang kita miliki serta mengisi nama lengkap di kolom akhir.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x