Jadwal Kartu Prakerja Gelombang 54 Kapan Dibuka? Ini Syarat dan Cara Agar Dapat Rp 4,2 Juta

- 28 Mei 2023, 09:10 WIB
Simak ini jadwal Kartu Prakerja gelombang 54 dibuka beserta syarat agar anda mendapatkan nilai manfaat Rp4,2 juta
Simak ini jadwal Kartu Prakerja gelombang 54 dibuka beserta syarat agar anda mendapatkan nilai manfaat Rp4,2 juta /Instagram.com/@prakerja.go.id

BERITA DIY - Simak kapan Kartu Prakerja Gelombang 54 dibuka dan syarat agar Anda mendapatkan Rp4,2 juta beserta cara untuk mendaftar akun tersedia pada artikel ini.

Masyarakat banyak yang mencari tahu informasi mengenai pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 54. Hal ini dikarenakan masih ada beberapa masyarakat yang belum sempat untuk mendaftar ataupun masyarakat yang belum lolos pada gelombang 53.

Sebagai informasi, Program Kartu Prakerja merupakan bantuan biaya pelatihan dari pemerintah untuk mengembangkan kompetensi dan kemampuan calon pekerja bagi yang memiliki usia 18 tahun ke atas.



Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan masyarakat yang ingin melatih kemampuan dan minatnya melalui pelatihan-pelatihan yang ada pada program ini.

Baca Juga: BUKA! Login Dashboard Kartu Prakerja 2023, Cek Ini Input Kesini Bisa Dapat Rp10 Juta Tanpa Daftar Gelombang 54

Gelombang pertama Program Kartu Prakerja, dimulai pada tahun 2020. Saat ini program sudah sampai di gelombang 53. Sedangkan gelombang 54 diperkirakan baru akan dimulai pendaftarannya pada pekan depan.

Bagi Anda yang sudah mempunyai akun Kartu Prakerja langsung dapat bergabung di gelombang 54 pada menu dashboard akun. Jika anda belum memiliki akun Kartu Prakerja, bisa langsung dapat melakukan pendaftaran akun di laman resmi prakerja.go.id.

Pendaftaran akun Kartu Prakerja dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Anda bisa mendaftarkan akun terlebih dahulu sembari menunggu gelombang 54 dibuka kembali.

Jadwal Kartu Prakerja Gelombang 54 Dibuka

Sampai artikel ini dibuat pada hari Minggu, 28 Mei 2023 belum ada pengumuman resmi mengenai kapan dibukanya Kartu Prakerja gelombang 54. Akan tetapi kita bisa melihat jadwal pengumuman pada gelombang-gelombang sebelumnya untuk dijadikan rujukan.
 
 
Baca Juga: Kapan Kartu Prakerja Gelombang 54 Dibuka? Ini Jadwal dan Syarat Agar Dapat Rp 4,2 Juta

Dari jadwal pengumuman kelulusan gelombang 52 di 13 Mei 2023 melalui akun instagram resmi Kartu Prakerja dengan dibukanya gelombang 53 pada tanggal 20 Mei 2023 memiliki rentang waktu sekitar satu minggu.

Jika pengumuman dan penutupan gelombang 53 pada tanggal 24 Mei 2023, bisa diprediksi untuk gelombang 54 akan dibuka pada tanggal 31 Mei 2023.
 


Jadwal diatas hanya sebatas jadwal prediksi dan harus tetap menunggu pengumuman resmi dari pemerintah. Akan tetapi prediksi ini bisa tetap Anda gunakan sebagai acuan untuk mempersiapkan diri untuk mendaftar di gelombang 54.

Anda dapat memantau informasi terbaru mengenai pembukaan Kartu Prakerja gelombang 54 di sosial media resmi dan web resmi Kartu Prakerja.
 
 

Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja

1. WNI yang dibuktikan melalui identitas diri berupa e-KTP (Kartu Tanda Penduduk)

2. Minimal berusia 18 tahun

3. Tidak dalam belajar pada pendidikan formal, yaitu sekolah dan kuliah

4. Dalam proses melamar kerja, karyawan terdampak PHK, ingin meningkatkan keahlian, buruh dirumahkan, buruh bukan penerima upah, termasuk pula UMKM

5. Syarat daftar Prakerja 2023 berikutnya adalah bukan dari kelompok pejabat negara, ASN (Aparatur Sipil Negara), Kepolisian, TNI, kepala desa dan termasuk perangkat, serta direktur/komisaris atau dewan pengawas BUMN/BUMD
 


6. Dibatasi untuk dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama.
 
Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 54 DIBUKA di Sini, Login prakerja.go.id Ini Cara Lolos Dapat Rp4,2 Juta

Langkah Daftar Akun di Kartu Prakerja di Prakerja.go.id (headline)

1. Masukkan email dan password akun untuk bisa mendaftar Kartu Prakerja.

2. Isi NIK, Nomor KK, dan tanggal lahir Anda.
 


3. Lengkapi data diri anda dan pastikan data yang diinputkan sudah sesuai.

4. Verifikasi foto e-KTP dan pindai wajah. Pastikan Anda mengikuti panduan dan ketentuan yang tertera dalam sistem.

5. Saat verifikasi e-KTP dan wajah selesai, isi form alasan keikutsertaan Program Kartu Prakerja.

6.Pastikan data dan pertanyaan dalam form terisi dan terjawab semuanya.'
 
Baca Juga: Kapan Kartu Prakerja Gelombang 54 Buka? Login Dashboard prakerja.go.id Dapatkan 5 Juta Sebulan Pakai Cara Ini

7. Verifikasi nomor handphone dengan memasukkan 6 digit kode OTP yang sudah dikirimkan melalui pesan ke nomor HP Anda.

8. Isi jenis pendaftar sesuai dengan kondisi Anda
 


9. Berikutnya, Anda diwajibkan mengerjakan Tes Kemampuan Dasar (TKD)/ Soal Kemampuan Belajar (SKB).

10. Langkah yang terakhir yaitu mengikuti seleksi gelombang. Pilih gelombang akan tersedia pada dashboard.

11. Konfirmasi gelombang Anda dan setujui Persetujuan Prakerja.

12. Tunggu konfirmasi kelulusan melalui SMS dan email setelah penutupan gelombang. Apabila ternyata tidak lolos, Anda dapat mengikuti pada gelombang berikutnya.
 
 
Baca Juga: Lakukan Ini Agar Dapat Rp4,2 Juta dari Kartu Prakerja Gelombang 53: Cek Pengumuman Lolos di Prakerja.go.id

Selengkapnya anda bisa mengakses informasi secara lengkap pada laman resmi prakerja.go.id. Anda juga bisa bertanya melalui customer service Prakerja di laman tersebut.

Peserta yang dinyatakan lulus di gelombang 54, akan mendapatkan nilai manfaat bantuan sebesar Rp4,2 juta dengan insentif Rp700 ribu yang bisa Anda cairkan.

Itulah informasi mengenai jadwal Kartu Prakerja gelombang 54 dibuka beserta syarat dan cara agar Anda dapat mendapatkan nilai manfaat sebesar Rp4,2 juta.***

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x