Mau Bikin Indomaret atau Alfamart? Ini Modal yang Harus Disiapkan

- 1 Agustus 2020, 11:34 WIB
Gerai usaha waralaba Alfamart.
Gerai usaha waralaba Alfamart. /Dok PT Sumber Alfaria Trijaya

BERITA DIY - Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis usaha ritel, peluang usaha franchise Alfamart atau Indomaret bisa jadi alternatifnya.

Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk membuka satu gerai Indomaret baru mulai dari Rp500 juta. Fasilitas yang didapatkan meliputi peralatan elektronik dan non-elektronik, promosi persiapan pembukaan toko, franchise fee untuk tahun renovasi bangunan dan tambahan biaya listrik.

Biaya tersebut belum termasuk biaya biaya sewa bangunan. Jika peminat usaha belum memiliki lokasi usaha, pihak Indomaret bisa merekomendasikan tempat usaha. Total biaya yang dikeluarkan peminat untuk memulai usaha ini jika  termasuk biaya sewa gedung bisa mencapai Rp800 juta hingga Rp1 miliar, tergantung lokasi usaha.

Meskipun dengan modal usaha yang tidak sedikit, bisnis waralaba tergolong prospektif. Bahkan Setiap tahun jumlah gerai Indomaret selalu naik. Pada tahun 2012 terdapat 7.200 gerai, naik menjadi 14.033 gerai pada tahun 2016.

"Maksimal 43 bulan atau 30 bulan (sudah balik modal), kita kerja sama 60 bulan," ujar Franchise Manager Indomaret, Ramdani di acara International Franchise License and Business Concept Expo and Conference di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan pada  5-7 Juli 2019.

Baca Juga: Segera Tukar, Pecahan Uang Kertas dan Logam Ini Tidak Berlaku Lagi di 2021

Sementara itu untuk membuka satu gerai alfamart dengan ukuran standar bangunan 150-250 m2 minimal investasi yang dikeluarga sekitar Rp500 juta.

"Pembukaan gerai baru yang berasal dari usulan lokasi calon terwaralaba Alfamart. Besar investasi untuk gerai baru bervariasi sekitar Rp 500 juta," kata Franchise Business Development Manager Alfamart, Muhammad Andriansyah.

Berdasarkan data Alfamart, pada tahun 2012 ada 7.063 gerai dan menjadi 12.366 gerai pada tahun 2016. Rata-rata total produk yang dijual sebanyak 4.000 jenis produk yang juga telah disediakan oleh perusahaan.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x