Cek Online Penerima PIP 2023 Lewat HP Login SIPINTAR, Rp500 Ribu per Siswa Cair Jika Penuhi Syarat Ini

- 7 Maret 2023, 11:55 WIB
Ilustrasi: Begini cara cek online pakai HP siswa penerima PIP di laman SIPINTAR pip.kemdikbud.go.id.
Ilustrasi: Begini cara cek online pakai HP siswa penerima PIP di laman SIPINTAR pip.kemdikbud.go.id. /Tangkap Layar pip.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Info cek online penerima PIP 2023 lewat HP lakukan login SIPINTAR pip.kemdikbud.go.id, dana bantuan uang Rp500 ribu per siswa cair jika sudah penuhi syarat ini.

Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2023 akan kembali cair ke siswa penerima manfaat, tentunya mereka yang telah memenuhi syarat dan masuk nominasi.

Sebelum mengetahui cara cek online penerima PIP tahun ini, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa itu PIP.

PIP merupakan program bantuan tunai untuk para siswa yang berada di usia sekolah dan berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.

Baca Juga: Login Link Ini Cek Data Siswa Penerima PIP Kemdikbud Tahun 2023: Kapan Cair Untuk SD, SMP, dan SMA

Tujuannya yaitu untuk kembali memberikan akses belajar kepada para siswa yang terkendala ekonomi demi pembiayaan pendidikan.

Berikut syarat untuk menjadi penerima PIP:

  1. Tercatat dalam Dapodik dan DTKS, melalui proses pemadanan data terkini
  2. Jika tidak terdata pada DTKS dapat mengajukan ke sekolah untuk nantinya dimasukkan dalam kategori “Layak PIP” di Dapodik, nantinya akan diverifikasi dan diusulkan oleh dinas pendidikan terkait
  3. Berasal dari keluarga miskn atau rentan miskin dengan pertimbangan khusus Seperti berstatus yatim piatu, yatim, atau piatu, terdampak bencana alam, hingga drop out dan diharapkan kembali ke sekolah

Lalu, berapa besaran uang bantuan PIP yang akan diterima para siswa nantinya? Setiap penerima manfaat dari setiap jenjang akan menerima nominal yang berbeda - beda.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani

Sumber: PUSLAPDIK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x