2 Cara Mengatasi Kredit Macet di Bank, Apakah Pinjaman KUR Mandiri 2023 Bisa Take Over?

- 29 Januari 2023, 14:50 WIB
Ilustrasi. 2 cara mengatasi pinjaman macet di bank, apakah KUR Mandiri 2023 bisa take over atau pindah tangan? Pahami syarat dan ketentuan pinjam uang KUR.
Ilustrasi. 2 cara mengatasi pinjaman macet di bank, apakah KUR Mandiri 2023 bisa take over atau pindah tangan? Pahami syarat dan ketentuan pinjam uang KUR. /PIXABAY/WonderfulBali

BERITA DIY - Berikut ada 2 cara mengatasi pinjaman kredit macet di bank, apakah KUR Mandiri 2023 bisa take over atau pindah tangan? Pahami syarat dan ketentuan pinjam uang KUR.

KUR Mandiri 2023 adalah kredit atau pinjaman yang ditujukan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya lebih besar hingga dapat menyerap tenaga kerja.

Sebelum pinjam uang melalui KUR Mandiri, Anda wajib mengetahui struktur pinjaman dari suku bunga, syarat pinjam uang, angsuran pinjaman bulanan hingga denda keterlambatan serta biaya provisi agar tidak alami pinjaman macet.

Adapun yang disebut pinjaman macet atau kredit macet atau NPL (non performing loan) adalah kondisi di mana seorang debitur tidak ada daya untuk membayar angsuran pinjaman bank atau KUR hingga tertunggak selama 3 bulan lamanya.

Baca Juga: Pinjaman Bank Mandiri KSM 2023 Bukan KUR, Apa Bisa Pinjam Uang Tanpa Jaminan via Livin Mandiri Online?

Jika debitur alami pinjaman macet di bank, ia wajib bernegosiasi dengan pihak bank bagaimana solusi dan cara terbaik untuk membayar hutang kredit, termasuk KUR Mandiri.

Pasalnya, kewajiban debitur adalah membayar angsuran pinjaman KUR Mandiri hingga lunas dengan dana tertentu tiap bulannya yang disepakati pada awal akad pinjam uang.

Lantas, apakah pinjaman macet KUR Mandiri bisa take over atau pindah tangan ke bank lain?

Cara take over pinjaman bank atau TO biasanya kerap terjadi karena debitur memiliki pinjaman yang angsurannya terasa berat atau bunganya terkesan mahal. Oleh karena itu, debitur ingin pindah pinjam uang ke bank lain.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x