Siswa SD, SMP, SMA Tanpa KIP Bisa Dapat PIP Kemdikbud 2023, Ini Cara Ajukan ke Dapodik agar BLT Rp 1 Juta Cair

- 28 Januari 2023, 18:10 WIB
Siswa SD, SMP, dan SMA tanpa KIP bisa dapat PIP Kemdikbud 2023, ini cara daftar nama ke Dapodik hingga cara cek penerima di pip.kemdikbud.go.id agar BLT hingga Rp 1 juta cair.
Siswa SD, SMP, dan SMA tanpa KIP bisa dapat PIP Kemdikbud 2023, ini cara daftar nama ke Dapodik hingga cara cek penerima di pip.kemdikbud.go.id agar BLT hingga Rp 1 juta cair. /Tangkap layar/pip.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Siswa SD, SMP, SMA tanpa KIP bisa dapat bantuan hingga Rp 1 juta dengan daftar nama ke Dapodi. Ketahui cara cek penerima PIP Kemdikbud 2023 hanya input NISN dan NIK KTP di pip.kemdikbud.go.id.

Program Indonesia Pintar atau PIP Kemdikbud adalah program bantuan langsung tunai atau BLT yang diperuntukan untuk para peserta didik atau siswa yang masih duduk di bangku sekolah SD, SMP, dan SMA.

Nominal bantuan PIP untuk setiap siswanya berbeda. Hal ini melihat tingkap pendidikan yang sedang ditempuh.

Bantuan PIP 2023 paling rendah yakni Rp 450 ribu setahun hingga Rp 1 juta setahun yang akan cair tiga bulan sekali atau dicarikan setiap empat bulan.

Baca Juga: 3 Hari Lagi PIP Kemdikbud Hangus? Siswa SD SMP SMA Tanpa KIP Dapodik Bisa Dapat Bantuan Asal Lakukan Cara Ini

Siswa SD nantinya akan mendapatkan PIP Kemdikbud 2023 sebesar Rp 450 ribu per tahun, lalu siswa SMP Rp 750 ribu per tahun, sedangkan yang nominal bantuannya paling besar siswa SMA atau SMK yakni Rp 1 juta per tahun.

Sebagai informasi pencairan PIP Kemdikbud 2023 untuk wilayah Aceh hanya bisa dilakukan melalui Bank BSI, sedangkan untuk wilayah selain Aceh, siswa SD dan SMP di Bank BRI, kemudian untuk siswa SMA, SMK atau sederajat di Bank BNI.

Sebelum Anda mencairkan, hal yang harus Anda pastikan yakni apakah Anda terdaftar sebagai penerima PIP Kemdikbud 2023 atau tidak.

Cek penerima PIP Kemdikbud 2023 bisa Anda lakukan di HP dengan login pip.kemdikbud.go.id menggunakan NISN dan NIK KTP.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah