Ekonomi Global Menghantui, E-Commerce Apa yang Unggul bagi Pengguna-Penjual?

- 18 Januari 2023, 07:00 WIB
Ekonomi Global Menghantui, E-Commerce Apa yang Unggul bagi Pengguna-Penjual?
Ekonomi Global Menghantui, E-Commerce Apa yang Unggul bagi Pengguna-Penjual? /Ilustrasi/Pixabay/Mediamodifier/

BERITA DIY - Kondisi pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina mengakibatkan sejumlah perusahaan teknologi mengalami pasang surut dalam perjalanan bisnisnya selama tahun 2022.

Meski ekonomi global tak menentu, justru hal tersebut mendorong bisnis e-commerce untuk melakukan berbagai perubahan dan merancang strategi baru yang tepat untuk terus tumbuh dan berkembang.

Masing-masing pemain e-commerce mengatur ulang strategi, karena bagaimanapun e-commerce memiliki peran terhadap individu juga keberlangsungan bisnis.

Skema strategi yang dilakukan bukan hanya meliputi berbagai promo dan diskon terbaik untuk menarik pengguna, tetapi wadah yang dapat mendukung penjual untuk bertahan menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Tim redaksi tertarik untuk menelisik lebih dalam mengenai kompetisi para pemain utama e-commerce di Indonesia pada tahun 2022. Lantas, siapakah E-Commerce yang unggul dan menjadi jawara pilihan pengguna dan penjual di Indonesia?

Seperti diketahui, Shopee, Tokopedia, dan Lazada terus mendominasi pasar e-commerce tanah air. Berdasarkan data App Annie di sepanjang tahun 2022, Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak baik di Google Play atau Apple Store, juga menjadi platform belanja online nomor 1 dalam jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak.

 

Semakin diperkuat dengan data dari SimilarWeb, Shopee adalah marketplace dengan pengunjung website tertinggi dengan rata-rata 181 juta pengunjung per bulannya pada 3 bulan terakhir (Oktober - December 2022), memimpin jauh dengan rata-rata selisih 46 juta pengunjung per bulannya, dari Tokopedia, yang menempati posisi kedua dengan rata-rata 135 juta pengunjung per bulannya.

Similar web.
Similar web.

Data tersebut selaras dengan beberapa hasil riset yang dilakukan pada kuartal 4 tahun 2021 hingga 2022 kemarin. Di awal tahun 2022, Ipsos merilis hasil riset persaingan dalam industri e-commerce, dimana Shopee menduduki peringkat pertama pada 4 penilaian indikator yang digunakan dalam survei.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x