Penting! Informasi Lengkap Persyaratan dan Alur Pendaftaran Program Kartu Prakerja 2023

- 3 Januari 2023, 19:45 WIB
Potret informasi penting dan lengkap persyaratan dan alur pendaftaran tentang program Kartu Prakerja 2023.
Potret informasi penting dan lengkap persyaratan dan alur pendaftaran tentang program Kartu Prakerja 2023. /Tangkap layar dari www.prakerja.go.id

BERITA DIY – Informasi penting dan lengkap terkait persyaratan dan alur pendaftaran program Kartu Prakerja 2023.

Program Kartu Prakerja 2023 adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

“Program Kartu Prakerja telah memberikan manfaat kepada 16,4 juta angkatan kerja di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia. Seiring dengan pencabutan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), Program Kartu Prakerja akan memulai babak baru yang fokus pada peningkatan kompetensi. Kita sama-sama berharap program ini dapat terus mencetak angkatan kerja Indonesia yang berdaya saing tinggi untuk Indonesia Maju.” ujar Airlangga Hartato, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia yang diunggah dalam akun Instagram @prakerja.go.id pada 1 Januari 2023.

Program Kartu Prakerja 2023 bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan. Program Kartu Prakerja 2023 akan dibuka kembali Januari tahun 2023.

Baca Juga: Pendaftaran Akun Prakerja Dibuka Bulan Ini? Daftar Kartu Prakerja Gelombang 48 di prakerja.go.id

Persyaratan mendaftar Kartu Prakerja adalah pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Selain itu, pendaftar harus memenuhi persyaratan sebagai warga negara Indonesia berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Pendaftar dalam 1 KK (Kartu Keluarga) hanya diperbolehkan maksimal 2 NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja 2023.

Program Kartu Prakerja 2023 untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya. Difabel juga dianjurkan untuk mendaftar dan mengikuti Program Kartu Prakerja 2023.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x