BPUM 2023 Tidak Ada, Cara UMKM Pinjam Uang KUR BRI Bunga Rendah dan Pinjaman Tanpa Jaminan Mandiri KSM

- 28 Desember 2022, 15:28 WIB
Ilustrasi. Info BPUM 2023 tidak dilanjutkan Kemenkop UKM dan cara UMKM pinjam uang KUR BRI, KUR Mandiri atau pinjaman tanpa jaminan KSM Mandiri langsung cair syarat KTP.
Ilustrasi. Info BPUM 2023 tidak dilanjutkan Kemenkop UKM dan cara UMKM pinjam uang KUR BRI, KUR Mandiri atau pinjaman tanpa jaminan KSM Mandiri langsung cair syarat KTP. / /PORTAL PURWOKERTO/Galih Prabashinta

BERITA DIY - Pemerintah memastikan bantuan BPUM 2023 tidak ada, begini cara UMKM pinjam uang di bank untuk tambah modal. Pakai KUR BRI atau KUR Mandiri dan/atau pinjaman tanpa jaminan Mandiri KSM.

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) memastikan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM tidak berlanjut tahun 2023.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan jika BPUM 2023 tidak ada karena berdasar pengamatan UMKM di Indonesia sucah cukup pulih akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, kini UMKM yang butuh modal tidak bisa lagi menggantungkan dengan bantuan BPUM bisa memilih dengan KUR BRI, KUR Mandiri atau pinjaman Mandiri KSM.

Baca Juga: Cara Pinjam Uang di Bank BRI Online Dana Cepat Cair Bagi yang Butuh Pinjaman Uang Mendesak hingga Rp 20 Juta

Lantas, apa itu KUR BRI dan KUR Mandiri?

KUR BRI dan KUR Mandiri adalah layanan Kredit Usaha Rakyat dari bank milik negara yang ditujukan pada para pengusaha atau UMKM kecil menengah.

KUR BRI dan KUR Mandiri punya suku bunga yang sama yakni 6 persen per tahun data 2022. Belum dipastikan berapa suku bunga layanan kredit ini tahun 2023.

Kemudian, plafon atau limit pinjaman KUR BRI dan KUR Mandiri adalah dari Rp 5 juta hingga Rp 100 juta per UMKM.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x