BSU 2022 Segera Cair? Ini Info Kemnaker Terkait Rp1 Juta BLT Subsidi Upah, Pekerja Dihimbau Waspadai Penipuan

- 2 Juli 2022, 17:35 WIB
Informasi terakhir Kemnaker dan Menaker Ida Fauziyah terkait BSU 2022, dihimbau agar para pekerja buruh untuk mewaspadai penipuan BLT Subsidi Upah.
Informasi terakhir Kemnaker dan Menaker Ida Fauziyah terkait BSU 2022, dihimbau agar para pekerja buruh untuk mewaspadai penipuan BLT Subsidi Upah. /Instagram.com/@kemnaker

BERITA DIY - BSU atau Bantuan Subsidi Upah dikabarkan akan kembali diberikan kembali pada tahun ini bagi para pekerja dan buruh.

Para pekerja dan buruh saat ini masih menunggu kabar kapan cairnya BSU di tahun 2022 agar mendapat Rp1 juta BLT Subsidi Upah dari Kemnaker.

Program BSU BLT Subsidi Upah sempat ada kabar akan cair dan disalurkan pada awal tahun 2022 yang lalu.

Namun hingga saat ini kabar terkait kapan cairnya BSU 2022 masih belum terjawab dan belum ada jadwal resmi yang diberitahukan lebih lanjut.

Baca Juga: Alhamdulillah BSU 2022 Siap Cair untuk 7 Jenis Karyawan Ini, Cek BLT Subsidi Gaji di BPJS Ketenagakerjaan

Pihak Kemnaker beri keterangan terbaru terkait penyaluran BSU di tahun 2022 yang masih belum terlaksana.

Sub Koordinator Kepesertaan Jaminan Sosial Kemnaker Nindya Putri memberikan jawaban terkait penyaluran BSU 2022.

Diketahui, BSU 2022 masih menunggu Permenaker terkait aturan penyaluran BLT Subsidi Upah pada tahun ini.

"Jadi memang akhirnya belum selesai sampai sekarang. Tapi Permenakernya sedang diproses," kata Nindya Putri dikutip dari ANTARA pada Selasa, 28 Juni 2022.

Baca Juga: Apakah BSU Tahun 2022 Cair pada Bulan Ini? Simak Penjelasan dan Cara Cek Status Penerima Lewat Link Ini

Sebelumnya Menaker Ida Fauziah meminta kepada masyarakat agar lebih bersabar dalam menunggu penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) di tahun 2022.

Persiapan berbagai instrumen penyaluran BSU untuk lebih tepat sasaran menjadi alasan utama Menaker mengapa BSU 2022 belum dapat disalurkan.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU tahun 2022 dan kami ingin memastikan bahwa program subsidi upah ini dapat dijalankan secara tepat, akurat, dan akuntabel." kata Ida Fauziyah dikutip dari ANTARA pada Minggu, 1 Mei 2022.

Para pekerja dan buruh yang terdampak pandemi akan diberikan BSU BLT Subsidi Gaji sebesar Rp1 juta apabila telah memenuhi syarat dan kriteria.

Baca Juga: BSU 2022 Cair Awal Juli? Bocoran Kemnaker Terbaru hingga 5 Rekening yang Pasti Gagal Dapat BLT Subsidi Upah

Adapun syarat dan kriteria pekerja dan buruh yang berhak mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang berlaku pada aturan tahun 2021 kemarin yaitu:

- Pekerja/buruh Warga Negara Indonesia

- Pekerja/buruh aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan

- Pekerja/buruh memiliki penghasilan gaji/upah paling besar Rp3,5 juta

Namun, dalam menunggu kabar terbaru kapan cairnya BSU di tahun 2022, masyarakat juga dihimbau agar mewaspadai tindak penipuan yang marak terjadi.

Baca Juga: Login Segera di Link Ini, Kriteria Pekerja Buruh Ini Bisa Dapatkan BSU BLT Subsidi Upah Rp1 Juta dari Kemnaker

Pihak BPJAMSOSTEK Oni Marbun menghimbau untuk mewaspadai tindak penipuan dengan modus terkait penyaluran BSU melalui nomor WA.

Selain itu, masyarakat dihimbau berhati-hati terhadap informasi maupun modus penipuan yang mengatasnamakan BPJAMSOSTEK maupun Dirut Anggoro Eko Cahyo.

"Saat ini banyak pihak tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan dengan menyebarluaskan informasi tidak benar melalui pesan singkat maupun sosial media. Masyarakat harus lebih teliti dalam menerima sebuah informasi, agar tidak menjadi korban atas tindakan tersebut," kata Oni dilansir dari ANTARA pada Rabu, 22 Juni 2022.

Itulah kabar terbaru BSU 2022 kapan cair dan keterangan Kemnaker serta Menaker Ida Fauziyah terkait belum cairnya BLT Subsidi Upah.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x