Harga TBS Sawit Hari Ini per Kilogram di Riau, Aceh, Jambi, Sumbar, Sumut Menurut Kelompok Umur dan Perusahaan

- 26 Juni 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi harga TBS sawit hari ini per kilogram di Riau, Jambi, Sumbar, Sumut, dan Aceh.
Ilustrasi harga TBS sawit hari ini per kilogram di Riau, Jambi, Sumbar, Sumut, dan Aceh. /PIXABAY/tristantan

BERITA DIY - Simak harga tandan buah segar (TBS) hari ini, Minggu, 26 Juni 2022 per kilogram di Riau, Aceh, Jambi Sumatra Barat (Sumbar), hingga Sumatra Utara (Sumut) menurut kelompok umur dan perusahaan.

Sebagian besar wilayah masih mengalami penurunan harga TBS sawit per kilogram hingga hari ini atau periode ini. Berikut disampaikan update terbaru di lima Provinsi yakni Riau, Aceh, Jambi, Sumbar dan Sumut.

Anjloknya harga TBS sawit per kilogram di sejumlah wilayah terutama di Pulau Sumatra masih disebabkan oleh pelarangan ekspor crude palm oil (CPO) beberapa waktu lalu meskipun kebijakan telah dicabut oleh Pemerintah.

Beberapa perusahaan mengalami tangki CPO yang masih penuh karena ekspor belum berjalan maksimal, sehingga perusahaan masih enggan membeli TBS dari petani swadaya maupun mitra.

Baca Juga: Daftar Harga TBS Sawit Hari Ini per Kilogram dan per Ton: Anjlok pada Setiap Kelompok Umur di Provinsi Riau

Sejumlah wilayah menetapkan harga TBS per kilogram berdasarkan kelompok umur atau usia tanam sawit maupun perusahaan yang menampung tandan buah segar.

Update harga TBS sawit hari ini per kilogram di Provinsi Sumbar

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Solok Selatan, Sumatra Barat mengatakan harga TBS hasil petani perkebunan rakyat jauh yang ditetapkan oleh Provinsi.

"Hari ini harga TBS perkebunan rakyat hanya dibeli oleh pabrik PTPN VI Rp790 per kilogram sedangkan yang ditetapkan Provinsi periode 22-30 Juni Rp2.429 per kilogram," ujar Kedua DPD Apkasindo, Emi Susnawati, dikutip dari ANTARA NEWS.

Adapun mengapa harga TBS antara di kebun plasma dan petani rakyat berbeda karena bibit dan perawatan tak sama.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x