BSU 2022 Cair ke 8,8 Juta Pekerja, Ini Cara Cek Daftar Penerima Bantuan Subsidi Upah Bukan di BPJS

- 12 Juni 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi BSU 2022 akan cair disalurkan ke 8,8 juta pekerja yang memenuhi syarat lengkap cara cek daftar penerima bantuan subsidi upah di BPJS.
Ilustrasi BSU 2022 akan cair disalurkan ke 8,8 juta pekerja yang memenuhi syarat lengkap cara cek daftar penerima bantuan subsidi upah di BPJS. /PEXELS/@Robert Lens

BERITA DIY – BSU 2022 dipastikan akan cair pada tahun ini dan akan disalurkan ke 8,8 juta pekerja atau buruh yang memenuhi syarat. Simak artikel ini untuk cara cek daftar penerima bantuan subsidi upah bukan di lama BPJS Ketenagakerjaan.

BSU 2022 akan memberi bantuan uang tunai sebesar Rp1 juta per pekerja atau buruh yang memenuhi syarat. Kepastian cairnya kembali BSU pada tahun ini, disampaikan secara resmi oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah.

Dalam rilis resminya, Ida Fauziah, menjelaskan bantuan subsidi upah diberikan sebagai bentuk perlindungan bagi pekerja dan mendorong percepatan pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

"Oleh karena itu, tujuan dari BSU ini selain melindungi dan mempertahankan kemampuan ekonomi pekerja/buruh, juga diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga mengungkit pertumbuhan ekonomi," dikutip BERITA DIY dari akun Instagram @kemnaker, pada 6 April 2022.

Baca Juga: Tanpa Cek BSU di BPJS Ketenagakerjaan Hari Ini, Pemilik KTP Ini Pasti Dapat BLT Subsidi Gaji Kemnaker 2022

Sedangkan syarat BSU 2022 memiliki perbedaan setiap tahunnya, jika tahun pertama diperuntukkan kepada pekerja atau buruh yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta dan berada di wilayah PPKM level 3 dan 4 yang ditentukan pemerintah.

Tetapi untuk BSU 2022 akan diberikan kepada pekerja atau buruh yang memiliki gaji di bawah Rp3,5 juta. Sedangkan data yang digunakan sebagai penerima BSU 2022 adalah data BPJS Ketenagakerjaan.

Hingga hari ini Kemnaker belum mengumumkan waktu dan mekanisme penyaluran BSU 2022. Meskipun demikian, bantuan ini dipastikan akan cair lantaran pemerintah sudah mengalokasikan dana sebesar Rp8,8 triliun untuk program ini.

Sedangkan cara login untuk mengetahui daftar penerima BSU 2022, dalam lama resmi BSU Kemnaker 2022 masih cara login pada tahun 2021.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x