Cara Menghitung Jumlah Bunga Bank Simpanan di Tabungan BRI, BNI, dan Mandiri Lengkap Rumus dan Contoh

- 28 Mei 2022, 19:45 WIB
Ilustrasi cara menghitung bunga bank simpanan di tabungan BRI, BNI, dan Mandiri lengkap rumus dan contoh.
Ilustrasi cara menghitung bunga bank simpanan di tabungan BRI, BNI, dan Mandiri lengkap rumus dan contoh. /Pixabay/kropekk_pl

BERITA DIY - Cara menghitung bunga bank simpanan di tabungan BRI, BNI, dan Mandiri dapat dilakukan untuk mengetahui jumlah tabungan yang ditambah dengan imbalan bunga bank lengkap dengan rumus dan contoh.

Bunga bank atau bunga tabungan adalah persentase keuntungan yang diberikan oleh bank kepada nasabah sebagai imbalan dari jumlah persentase tertentu pokok simpanan dan jangka waktu simpanan.

Adanya bunga bank ini dapat menguntungkan nasabah karena adanya tambahan dana tabungan dari bank. Tentunya semakin besar dana tabungan yang disimpan maka semakin besar keuntungan yang didpat karena sistem persentase.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Tabungan Bank BRI, Lengkap dengan Contoh Penerapan

Simak cara menghitung jumlah bunga bank simpanan di tabungan BRI, BNI, dan Mandiri lengkap rumus dan contohnya dalam artikel ini.

Dilansir dalam laman OJK, Bunga bank bisa dibedakan ke dalam dua jenis yaitu bunga simpanan dan bunga pinjaman.

Bunga simpanan adalah balas jasa dari bank kepada nasabah atas jasa nasabah menyimpan uangnya di bank. Sedangkan bunga pinjaman adalah balas jasa yang ditetapkan bank kepada peminjam atas pinjaman yang didapatkannya.

Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah cara menghitung jumlah bunga simpanan di tabungan tidak termasuk menghitung pajak tabungan.

Baca Juga: Apa Arti Mimpi Melihat Banyak Darah? Benarkah Keberuntungan? Simak Fakta Menarik tentang Bunga Tidur

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x