Resmi Kata Jokowi Harga Minyak Goreng Turun, Kembali ke Rp14 Ribu Per Liter? Cek Harga Sembako Hari Ini

- 20 Mei 2022, 09:41 WIB
Ilustrasi - Presiden Jokowi umumkan harga minyak goreng kembali turun.
Ilustrasi - Presiden Jokowi umumkan harga minyak goreng kembali turun. /Tangkap layar YouTube/@Belajar Bisnis Retail

BERITA DIY - Simak pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengumumkan bahwa harga minyak goreng turun. Namun apakah kembali ke Rp14 ribu? Berikut disampaikan pula harga sembako hari ini, Jumat, 20 Mei 2022 di seluruh Indonesia.

Setelah mengalami kenaikan, Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan harga minyak goreng turun menyusul dibukanya kembali kebijakan ekspor minyak goreng.

Sebelumnya, harga minyak goreng Rp14 ribu per liter diburu oleh masyarakat. Namun Pemerintah menaikkan kembali karena kelangkaan, tak lama kemudian kebijakan larangan ekspor diberlakukan untuk menjaga pasokan minyak goreng dalam negeri terpenuhi.

Baca Juga: Harga CPO dan TBS Per Kilogram dan Per Ton Hari Ini Naik, Cek Harga TBS Sawit Tiap Kelompok Umur

Sebagai informasi, Pemerintah menetapkan pelarangan ekspor minyak goreng sejak 28 April 2022 lalu. Namun kini Presiden Jokowi mengumumkan Pemerintah akan kembali membuka ekspor minyak goreng dan bahan bakunya mulai 23 Mei 2022.

Keputusan ini dilakukan setelah Pemeirntah melihat pasokan minyak goreng domestik sudah terpenuhi dan mempertimbangkan faktor lainnya.

"Berdasarkan pasokan dan harga minyak goreng saat ini, serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga industri sawit baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022," kata Jokowi dalam siaran resmi di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 19 Mei 2022 dikutip dari ANTARA NEWS.

Baca Juga: Harga TBS Sawit per Kg Hari Ini 19 Mei 2022 Sesuai Kelompok Umur di Provinsi Riau dan Bengkulu

Kabar baiknya, Presiden juga umumkan terdapat penurunan harga rata-rata Nasional minyak goreng curah dari sedianya Rp19.000 per liter menjadi Rp17.200 hingga Rp17.600 per liter.

Kendati demikian, Pemerintah terus berkomitmen untuk menjaga pasokan minyak goreng bagi warga negara Indonesia tetap terpenuhi.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x