Jangan Kaget Dapat PKH di Rumah, Isi Form Online Berikut untuk Ketahui Lolos Bansos Tahap 1 Februari

- 8 Februari 2022, 09:29 WIB
Kini calon KPM kelompok rentan bisa menunggu bansos PKH cair di rumah.
Kini calon KPM kelompok rentan bisa menunggu bansos PKH cair di rumah. /Tangkap layar: instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY - Kabar baik bagi para calon penerima PKH, sebab nantinya bisa menunggu di rumah hingga bantuan cair. Masyarakat juga dapat mengisi form online yang disediakan oleh Kemensos untuk mengetahui status lolos.

Lebih lanjut, jadwal cair PKH tahap 1 rencananya akan dipercepat oleh Kemensos. Sedianya, bansos didistribusikan dari bulan Januari hingga Maret, namun pemerintah meminta pencairan rampung pada pertengahan Februari.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta instansi penyalur untuk mempercepat pemberian bansos PKH kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bahkan Risma memerintahkan agar distribusi bisa dilakukan di rumah penerima.

Baca Juga: Jadwal PKH Cair sampai Pertengahan Februari Kata Risma, Buruan Isi Form untuk Dapat Bansos hingga Rp3 Juta

Dalam lawatannya di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Mensos Risma mengharapkan semua pihak termasuk bank penyalur mempermudah proses distribusi PKH utamanya bagi kelompok rentan seperti lanjut usia dan disabilitas.

Kemudahan yang ia maksud adalah dengan sistem "jemput bola" di mana penyalur memberikan uang PKH dengan mendatangi langsung ke rumah calon KPM.

"Kalau harus mengumpulkan lansia, penyandang disabilitas atau yang sakit di satu tempat di kabupaten, ya berat. Makanya bank saya minta untuk bergerak door to door mendatangi KPM," kata Risma, seperti dikutip dari ANTARA NEWS, Minggu, 6 Februari 2022.

Baca Juga: Pelajar SD, SMP, dan SMA BIsa Dapat Bantuan hingga Rp2 Juta, Simak Cara Daftar Online Bansos PKH

Selain itu ia meminta percepatan penyaluran PKH selesai pada pertengahan bulan Februari 2022 agar KPM bisa menikmati bantuan.

"Agar puhak penyalur bisa 'jemput bola', untuk memastikan bantuan sosial tuntas tersalurkan pada pertengahan bulan Februari 2022," lanjut Mensos.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x