Harga Sawit TBS per KG Hari Ini, Cek Pasaran CPO Hari Ini di Sumbar hingga Riau 2022

- 29 Januari 2022, 17:04 WIB
Ilustrasi harga sawit TBS dan CPO hari ini per kilogram di Provinsi Riau dan Sumbar.
Ilustrasi harga sawit TBS dan CPO hari ini per kilogram di Provinsi Riau dan Sumbar. /PIXABAY/tristantan

BERITA DIY - Simak harga sawit TBS per KG (kilogram) per hari ini, Sabtu, 29 Januari 2022 beserta cek pasaran CPO di Sumbar hingga Riau tahun 2022.

Kelapa sawit merupakan salah satu tumbuhan yang bisa diolah menjadi beragam produk, seperti misalnya minyak mentah (CPO), shampoo, pasta gigi, produk kecantikan, beragam bahan makanan, dan sebagainya.

Wilayah di Indonesia yang memiliki banyak lahan kelapa sawit terdapat di Pulau Sumatera, dua Provinsi di antaranya adalah Sumatera Barat (Sumbar) dan Riau. Adapun baik harga TBS per kilogram maupun CPO bisa berubah sewaktu-waktu berdasarkan periode yang ditetapkan.

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Terbaru Hari Ini, Sabtu 29 Januari 2022: Cek Daftar Harganya di Sini

Bagi yang belum mengetahui, kedua istilah tersebut berbeda. Tandan Buah Segar atau disingkat TBS merupakan buah kelapa sawit. 

Para petani bisa memanen TBS dengan memanfaatkan alat berupa tiang atau kayu yang di atasnya terdapat benda tajam seperti pisau untuk mengambil buah dari pohon.

Semantara CPO sering disebut dengan sawit mentah yang merupakan salah satu produk dari TBS. Selain CPO, adapula yang disebut dengan minyak inti sawit (PKO) yang bersumber dari biji keras di tengah.

Baca Juga: Harga Emas dan Perhiasan Semar Nusantara Hari Ini, Sabtu, 29 Januari 2022: Ada Cincin, Gelang, Kalung, Anting

Info harga sawit TBS per KG beserta CPO hari ini di Provinsi Riau

Dinas Perkebunan Provinsi Riau beberapa waktu lalu mengumumkan harga sawit di wilayah itu melambung tinggi di awal tahun 2022.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x