Hubungi Nomor Ini Jika Belum Dapat PKH, Cara Daftar Bansos untuk 7 Golongan Orang Berikut

- 29 Januari 2022, 07:59 WIB
Ilustrasi hubungi nomor Kemensos apabila masyarakat belum terima atau mengalami kendala bantuan PKH.
Ilustrasi hubungi nomor Kemensos apabila masyarakat belum terima atau mengalami kendala bantuan PKH. /PEXELS/adrienn-638530

BERITA DIY - Simak nomor yang bisa dihubungi masyarakat apabila mengalami kendala atau belum dapat bantuan PKH beserta cara daftar bansos tersebut yang berlaku untuk tujuh golongan orang.

Program Keluarga Harapan (PKH) menyasar kepada masyarakat tertentu yang berhak menerima bansos hingga Rp3 juta setahun. Kemensos sebagai lembaga penyalur menyediakan nomor call centre atau layanan pengaduan yang akan disebutkan di tulisan ini.

Masyarakat yang belum terima PKH juga bisa daftar bansos tersebut terlebih dahulu agar namanya terdaftar di Data Terpadu Kementerian Sosial (DTKS) dan berpeluang menerima bantuan.

Baca Juga: 10 Juta Orang Pasti Dapat PKH Jika Penuhi Syarat dan Daftar ke Kantor Desa atau Kelurahan Bawa Dokumen Ini

PKH sendiri memiliki kuota 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahun 2022, di mana tahap 1 sudah mulai cair bulan Januari.

Program Kemensos itu cair empat kali dalam satu tahun, di mana jadwal PKH tahap 1 cair bulan Januari-Maret, PKH tahap 2 cair bulan April-Juni, PKH tahap 3 cair bulan Juli-September, dan PKH tahap 4 cair Oktober-Desember.

Perbedaan PKH dengan jenis bansos lainnya adalah besaran bantuan yang diberikan kepada masing-masing golongan yang ditetapkan.

Baca Juga: Bawa 2 Berkas ke Kantor Ini, Bisa Dapat Bansos PKH Rp750 Ribu Bulan Februari: Pastikan Namamu Muncul di Sini

Ada tujuh kriteria masyarakat yang berhak terima program reguler Kemensos ini selain tentunya terdaftar sebagai penduduk miskin atau rentan miskin.

PKH memang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat yang secara finansial kekurangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x