Bantuan hingga Rp3 Juta Kemensos Ditransfer Mulai Januari 2022, Cepat Cek Penerima Bansos PKH di Sini

- 27 Januari 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi - bantuan hingga Rp3 juta dari Kemensos ditransfer ke rekening mulai bulan Januari 2022, cepat cek daftar penerima Bansos PKH di cekbansos.kemensos.go.id.
Ilustrasi - bantuan hingga Rp3 juta dari Kemensos ditransfer ke rekening mulai bulan Januari 2022, cepat cek daftar penerima Bansos PKH di cekbansos.kemensos.go.id. /ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

BERITA DIY - Bantuan hingga Rp3 juta dari Kemensos siap ditransfer ke rekening mulai Januari 2022, cepat cek daftar penerima Bansos PKH lewat cekbansos.kemensos.go.id.

Seperti diketahui, Bansos PKH merupakan salah satu program bantuan sosial dari pemerintah yang bertujuan untuk percepatan pengentasan kemiskinan dan pemerataan ekonomi bagi masyarakat miskin.

Melalui program bantuan yang disalurkan oleh Kemensos ini, penerima Bansos PKH diharapkan memiliki akses ke layanan kesehatan, pendidikan dan layanan kesejahteraan sosial yang baik.

Baca Juga: Selamat 7 Golongan Dapat Bansos PKH, Cek di Sini: Balita Rp 3 Juta, Anak Sekolah Rp 2 Juta, Lansia Rp 2,4 Juta

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menuturkan, dana bantuan Bansos PKH bisa digunakan untuk perbaikan gizi khususnya bagi anak balita. Apalagi anak berusia di bawah lima tahun masuk kategori penerima bantuan.

“Program ini sangat strategis saya kira. Diharapkan dengan pemberian bantuan dalam bentuk uang pada keluarga memiliki balita, mereka bisa memenuhi gizi seimbangnya,” ujar Hasto dikutip dari ANTARANEWS, Kamis, 27 Januari 2022.

“Jadi tolong sekali, uang dari Bansos PKH itu benar-benar dipakai untuk membeli makanan dengan gizi seimbang. Jangan hanya mi dan cilok,” imbuh mantan Bupati Kulon Progo tersebut.

Baca Juga: Kemensos Salurkan Bansos PKH Kepada 10 Juta KPM, Cek Daftar Nama Penerima Bantuan Online di Link Ini

Hasto menuturkan bahwa dana bantuan Bansos PKH dapat digunakan untuk memaksimalkan perlindungan pada tumbuh kembang anak, khususnya dalam masa emas atau 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang membutuhkan banyak sekali asupan protein hewani.

"Keluarga yang tak mampu membeli ikan tuna atau salmon, dapat menggunakan alternatif ikan lele atau kembung yang cenderung lebih mudah didapatkan, guna memenuhi kebutuhan DHA dan Omega 3 pada anak," imbuhnya.

Hasto menambahkan selain bantuan dalam bentuk uang tunai melalui Bansos PKH, pemerintah juga menyediakan makanan tambahan di puskesmas yang dapat diakses oleh masyarakat.

Baca Juga: PKH 10 Juta Penerima Mulai Cair Tahap 1 Bulan Januari, 1 KK Bisa Dapat Rp10,8 Juta

Masyarakat miskin bisa mengetahui apakah namanya termasuk penerima Bansos PKH yang disalurkan oleh Kemensos mulai bulan Januari 2022 atau tidak melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Penyaluran Bansos PKH dilakukan dalam empat periode selama satu tehun penuh. PKH Tahap 1 disalurkan mulai Januari, Tahap 2 mulai April, Tahap 3 mulai Juli dan Tahap 4 mulai Oktober.

Bansos PKH cair melalui bank Himbara BRI, BNI, BTN dan Mandiri. Penerima manfaat yang sudah memiliki rekening dapat langsung mencairkan bantuan lewat ATM.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x