Benarkah Peserta Kartu Prakerja Bisa Terima Rp500 Juta? Bagaimana Caranya?

- 22 Januari 2022, 09:01 WIB
Tahun ini seleksi Kartu Prakerja gelombang 23 akan dibuka. Setiap alumni Kartu Prakerja bisa terima pinjaman Rp500 juta. Benarkah?
Tahun ini seleksi Kartu Prakerja gelombang 23 akan dibuka. Setiap alumni Kartu Prakerja bisa terima pinjaman Rp500 juta. Benarkah? /Muhammad Bagus Khoirunas/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Tahun ini seleksi Kartu Prakerja gelombang 23 akan dibuka. Sebanyak 2,9 juta kuota penerima telah disiapkan untuk jadi peserta sepanjang tahun 2022. Benarkah bisa terima Rp500 juta?

Bukan cuma kuota 2,9 juta penerima, anggaran sebesar Rp154,8 triliun juga telah disiapkan oleh Menkeu Sri Mulyani melalui skema PEN atau Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dana anggaran tersebut bahkan juga akan membiayai program bansos lainnya selain Kartu Prakerja, seperti bansos PKH, Kartu Sembako, dan BLT Dana Desa.

Baca Juga: Segera Login Kartu Prakerja, Daftar di Dashboard www.prakerja.go.id dan Simak Syarat Gabung Gelombang 23

Sebenarnya, setiap peserta yang dinyatakan lolos seleksi gelombang 23 Kartu Prakerja berhak menerima benefit senilai total Rp3,55 juta.

Seluruh benefit tersebut dibagi dalam beberapa pos bantuan. Di antaranya yakni insentif Rp2,4 juta, honor survey evaluasi Rp150 ribu, dan terakhir saldo pelatihan kerja senilai Rp1 juta.

Para peserta bisa mencairkan dana insentif Rp2,4 juta dan honor survey evaluasi melalui rekening atau e-wallet yang dipilih saat lakukan pendaftaran akun di dashboard resmi.

Baca Juga: Penerima Kartu Prakerja Bisa Dapat Rp500 Juta, Bocoran Kapan Jadwal Gelombang 23 Dibuka

Namun, saldo pelatihan kerja tak bisa diuangkan. Uang saldo senilai Rp1 juta tersebut hanya boleh digunakan untuk membeli pelatihan di berbagai platform mitra prakerja.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x