18,8 Juta Orang Terima BPNT di Aplikasi Ini, Cek Kartu Sembako Bukan di Link Cek Bansos: Mulai Cair Januari

- 11 Januari 2022, 07:33 WIB
Ilustrasi KPM BPNT/Kartu Sembako yang terima bansos mulai Januari 2022.
Ilustrasi KPM BPNT/Kartu Sembako yang terima bansos mulai Januari 2022. /Tangkap layar Instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY - Simak cara cek BPNT dengan cara terbaru melalui aplikasi bukan di link cekbansos.kemensos.go.id, sebab Kartu Sembako tahun 2022 mulai cair bulan Januari. Adapun bansos ini akan menyasar ke 18,8 juta orang di seluruh Indonesia.

Kartu Sembako menjadi salah satu bansos yang dilanjutkan penyalurannya pada tahun 2022. Bahkan, bantuan dengan nama lain BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) ini memiliki kuota paling banyak di antara jenis program lainnya, yakni mencapai 18,8 juta penerima.

Setiap golongan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kartu Sembako bakal mendapat uang bulanan yang hanya bisa digunakan untuk pembelian sembako di e-Warong yang telah bekerjasama dengan Bank. Masyarakat bisa cek penerima BPNT secara online via aplikasi terbaru Kemensos.

Baca Juga: Selamat! BPNT Cair Mulai Januari Hanya untuk 5 Orang Ini, Simak Cara Daftar Kartu Sembako Online Pakai HP

Beberapa daerah telah mencairkan BPNT atau Kartu Sembako di bulan Januari 2022, di antaranya DKI Jakarta dan Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pemerintah Kota Surabaya memfasilitasi program BPNT dengan memberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di setiap Kecamatan untuk menerima Kartu Sembako.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Anna Fajriatin yang menjelaskan terdapat dua jenis KKS yang nantinya digunakan masyarakat untuk terima BPNT.

Baca Juga: Cek Daftar Bansos Sembako Online di cekbansos.kemensos.go.id, Bantuan BPNT untuk Penerima dengan Syarat Ini

"Jadi, KKS itu dibagi dua, reguler dan perluasan. Perluasan itu adalah data baru yang terdampak Covid-19 kemarin dan baru menerima bantuan," kata Anna, dikutip dari ANTARA NEWS, 6 Januari 2022.

Sisi lain, DKI Jakarta juga mulai menyalurkan Kartu Sembako di Ruang Publik Terpadu Rumah Anak (RPTRA) Hati Suci, Tanah Abang pada 4 Januari 2022. BPNT diberikan senilai Rp200 ribu per bulan kepada masing-masing KPM.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x