Kartu Sembako Cair ke 18,8 Juta Orang Tahun 2022, Ini Cara Daftar Bansos BPNT Online Pakai HP

- 2 Januari 2022, 08:18 WIB
Ilustrasi masyarakat dapat BPNT atau Kartu Sembako yang cair tahun 2022.
Ilustrasi masyarakat dapat BPNT atau Kartu Sembako yang cair tahun 2022. /UNSPLASH/bady

BERITA DIY - Simak Kartu Sembako yang cair ke 18,8 juta orang tahun 2022 berikut cara daftar bantuan dengan nama lain BPNT tersebut online dengan HP.

Pemerintah memutuskan Kartu Sembako atau BPNT menjadi salah satu bantuan yang diberikan pada tahun 2022. Diketahui bahwa program ini merupakan bansos reguler yang disalurkan oleh Kemensos.

Ketentuan pencairan BPNT tahun 2022 diumumkan oleh Kemenkeu. Sri Mulyani selaku Menkeu menyiapkan kuota sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mendapat Kartu Sembako tahun ini.

Baca Juga: Info Bantuan Kartu Sembako, Bansos yang Cair pada Tahun 2022: Besaran Anggaran dan Cara Cek Penerima BPNT

Kartu Sembako bersama PKH, Kartu, Prakerja, dan BLT Dana Desa termasuk dalam pos perlindungan sosial PEN yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Dikutip dari kemensos.go.id, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya. 

Adapun mekanisme bantuan berupa akun elektronik yang hanya digunakan untuk membeli bahan pangan di pedagang atau e-warong yang bekerja sama dengan Bank.

Baca Juga: Daftar Bantuan yang Cair Tahun 2022 Lengkap dengan Kuota: Ada Kartu Prakerja, PKH, Kartu Sembako, dll

Lebih lanjut, manfaat dari adanya BPNT adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan kepada masyarakat miskin sekaligus sebagai perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Bagi yang telah ditetapkan sebagai penerima, KPM dapat cek status lolos dengan mengunjungi cekbansos.kemensos.go.id (klik link DI SINI).

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x