517 Ribu Karyawan Jadi Penerima Baru BSU Rp1 Juta 2021, Cara Cek Status BLT Subsidi Gaji di Link Kemnaker

- 26 November 2021, 08:32 WIB
BSU atau BLT Subsidi Gaji Kemnaker cair ke tujuh Provinsi baru kepada 517 ribu karyawan.
BSU atau BLT Subsidi Gaji Kemnaker cair ke tujuh Provinsi baru kepada 517 ribu karyawan. /Tangkapan layar: bsu.kemnaker.go.id

BERITA DIY - Simak info terbaru tentang BSU yang akan cair kepada 517 ribu penerima di tujuh Provinsi baru beserta cara cek status terkini BLT Subsidi Gaji Rp1 juta melalui link yang disediakan oleh Kemnaker.

Kemnaker terus mempercepat penyaluran BSU pada bulan November dan Desember 2021. Selain itu, pemerintah juga melakukan perluasan penerima BLT Subsidi Gaji agar menjangkau ke seluruh Indonesia.

Para karyawan tetap bisa melakukan pemantauan lolos atau cek status penerima bantuan BSU di lihk Kemnaker secara online hingga menunggu BLT Subsidi Gaji cair ke rekening.

Baca Juga: 4 Pemilik Rekening Ini Auto Gagal Dapat BSU, Lihat Tanda Lolos BLT Subsidi Gaji di Link Kemnaker

Dikutip dari peraturan terbaru Permenaker Nomor 21 Tahun 2021, BSU tetap diberikan kepada pekerja Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Kependudukan.

Selain itu penerima BLT Subsidi Gaji haruslah memenuhi syarat sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2021.

Terdapat beberapa sektor yang diutamakam, yaitu sektor barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan.

Baca Juga: Maaf! BLT Subsidi Gaji Tahap 6 Hanya untuk Pemilik KTP Ini, Cek BSU Kapan Cair Bukan di BPJS Ketenagakerjaan

Para karyawan/pekerja/buruh harus memiliki gaji paling banyak sebesar Rp3,5 juta, namun dalam khasus UMK/UMP wilayah lebih tinggi, maka ketentuan batas gaji dilihat oleh nilai UMK/UMP yang dibulatkan ke ratus ribuan ke atas.

Sebelumnya BSU hanya diberikan kepada wilayah PPKM Level 3 dan Level 4. Namun karena saat ini level PPKM telah turun di berbagai wilayah, Kemnaker memutuskan untuk memperluas BSU ke seluruh Provinsi dengan kuota 1,6 juta penerima namun saat ini baru 517 ribu data yang dikirimkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network