Bukan di eform.bri.co.id, UMKM Tak Lolos BPUM Bisa Dapat Rp1,2 Juta dari Bantuan Ini, Simak Cara Daftar BTPKLW

- 19 November 2021, 11:42 WIB
ILUSTRASI - PKL dan pemilik warung kecil berhak menerima bantuan BTPKLW jika gagal lolos BPUM.
ILUSTRASI - PKL dan pemilik warung kecil berhak menerima bantuan BTPKLW jika gagal lolos BPUM. /PEXELS/huy-phan-316220

BERITA DIY - Simak cara daftar BTPKLW jika UMKM gagal lolos BPUM. Adapun besaran keduanya sama, yaitu Rp1,2 juta kepada setiap penerima. Sementara, masyarakat tak perlu mengakses eform.bri.co.id karena bantuan ini berbeda.

Program Banpres BPUM telah dieksekusi oleh Kemenkop UKM sejak awal tahun hingga September 2021 dengan jumlah penerima 12,8 juta UMKM. Kendati demikian bagi yang tak dapat, bisa mencoba daftar BTPKLW, bantuan lain yang juga menyasar sektor perdagangan.

Meski penambahan kuota BPUM 2021 tak lagi dilakukan, calon penerima bantuan dengan nama lain BLT UMKM tersebut tetap bisa mencairkan Rp1,2 juta di Bank BRI bulan November hingga Desember mendatang.

Baca Juga: Tanda Terdaftar Lolos Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta November 2021 Tanpa Cek Link BPUM Eform BRI Tahap 3

Seperti yang telah banyak diketahui oleh orang, masyarakat bisa mengakses link eform.bri.co.id untuk cek status penerima BPUM. Publik hanya perlu memasukkan nomor KTP dan kode verifikasi guna cek status lolos bantuan.

Kendati demikian, bagaimana jika NIK KTP pelaku usaha masih tidak terdaftar di link eform.bri.co.id? Jangan khawatir, masih ada kesempatan untuk mengantongi BTPKLW hingga akhir tahun 2021 kepada pedagang yang memenuhi syarat.

Bagi yang belum tahu, BTPKLW atau Bantuan Tunai kepada Pedagang Kaki Lima dan Warung dianggarkan pemerintah sejak September lalu. Program ini bertujuan untuk mengembalikan kekuatan ekonomi pada masyarakat yang bergerak di sektor perdagangan mikro.

Baca Juga: Update Sisa Kuota Penerima BPUM November 2021, Lihat Nama Dapat BLT UMKM di BRI dan BNI

Program pertama kali diuji coba di Kota Medan, Sumatera Utara. Kini banyak daerah yang telah mencairkan dana senilai Rp1,2 juta ini. Salah satunya adalah Jakarta Selatan. Kodim wilayah telah memberikan bantuan kepada 7.000 masyarakat.

"Sebanyak 7.000 pedagang mendapatkan bantuan sebesar Rp1,2 juta secara tunai per orang," kata Dandim Jaksel, Kolonel Inf Jamaluddin, dikutip dari ANTARA NEWS, 20 Oktober 2021 lalu.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x