Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Cair November dan Desember 2021, Cara Daftar Penerima di DTKS Kemensos

- 15 November 2021, 18:00 WIB
Aplikasi Cek Bansos untuk daftar penerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu yang cair bulan November dan Desember 2021.
Aplikasi Cek Bansos untuk daftar penerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu yang cair bulan November dan Desember 2021. /Tangkap layar YouTube.com/Kemensos RI

BERITA DIY - Masyarakat yang mendaftarkan diri di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos bisa mendapatkan bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau yang dikenal bansos sembako Rp300 ribu yang cair sampai Desember 2021.

Bansos sembako BPNT disalurkan sejak bulan Januari hingga Desember 2021 mendatang dengan nominal bantuan yang berbeda setiap pencairannya. Bansos sembako BPNT bulan November dan Desember 2021 akan cair dengan nominal Rp300 ribu.

Dana bansos sembako BPNT Rp300 ribu didapatkan setelah penambahan dari dana optimalisasi Kemensos yang sebelumnya telah disetujui oleh DPR. Masyarakat yang dapat bansos sembako BPNT Rp300 ribu adalah masyarakat yang terdaftar di DTKS Kemensos.

Baca Juga: Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Cair November 2021: Cara Cek dan Cairkan Dana Bantuan di Agen Kemensos

Syarat untuk dapat bansos sembako BPNT Rp300 ribu secara umum adalah terdaftar DTKS Kemensos yang menunjukkan tingkat kesejahteraan keluarga yang rendah dan layak mendapatkan bantuan.

Meski demikian, tidak semua masyarakat di DTKS bisa dapat bansos sembako BPNT. Masyarakat harus memenuhi syarat lainnya untuk dapat menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos sembako BPNT Rp300 ribu sebagai berikut:

  • Warga miskin/rentan miskin
  • Bukan merupakan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri
  • Tergolong warga terdampak Covid-19
  • Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Daftar Penerima Manfaat (DPM) bansos sembako

Baca Juga: Tanpa Aplikasi dan Link cekbansos.kemensos.go.id, Cek Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Pakai Kartu Sembako

Masyarakat yang memenuhi syarat sebagai di atas memiliki kesempatan untuk dapat bansos sembako BPNT Rp300 ribu bulan November dan Desember 2021. Hal ini dikarenakan Kemensos menggunakan acuan data DTKS sebagai sasaran penerima bansos.

Apabila masyarakat layak dapat bansos tapi tidak memenuhi syarat sebagai KPM bansos sembako BPNT, Kemensos akan merekomendasikan bantuan sosial lainnya untuk masyarakat yang terhimpun dalam DTKS.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x