Selamat! 5 Golongan UMKM Ini Dapat Rp1,2 Juta Bukan dari BPUM, Simak Cara Cairkan BTPKLW Bulan November

- 2 November 2021, 11:13 WIB
Berikut syarat dan cara dapat BTPKLW Rp1,2 juta jika UMKM tak lolos BPUM/BLT UMKM 2021.
Berikut syarat dan cara dapat BTPKLW Rp1,2 juta jika UMKM tak lolos BPUM/BLT UMKM 2021. /Dok/humas.polri.go.id

BERITA DIY - Berikut cara cairkan BTPKLW bagi UMKM yang tidak dapat BPUM tahun 2021. Hanya ada lima golongan yang bakal mendapat dana Rp1,2 juta bulan November dari bantuan pemerintah ini.

Selain BPUM, pemerintah menyiapkan anggaran untuk program BTPKLW yang juga ditujukan untuk sektor perdagangan. Besaran bantuan keduanya sama, yaitu Rp1,2 juta kepada masing-masing penerima.

Bedanya, jika BPUM dicairkan di Bank BRI atau Bank BNI, BTPKLW (Bantuan Tunai untuk Pedagang kaki Lima dan Warung) diberikan oleh Kantor Kepolisian dan Kodim wilayah.

Baca Juga: Login Eform Tapi KTP Tidak Terdaftar, UMKM Tetap Bisa Terima Rp 1,2 Juta: Pahami Syarat Dapat BTPKLW

Menyikapi banyaknya masyarakat yang masih mengharapkan bantuan dan tidak dapat BPUM, maka pemerintah memutuskan untuk membuka program BTPKLW kepada 1 juta PKL dan warung kecil di seluruh Indonesia.

Percobaan dilakukan di Kota Medan, Sumatra Utara awal September lalu. Kini sudah banyak daerah yang menyusul pencairan BTPKLW.

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga mengumumkan secara resmi bantuan ini kepada masyarakat ketika kunjungan kerja di Jalan Malioboro, Yogyakarta bulan lalu.

Baca Juga: Info BPUM Tahap 3: Coba Sistem Baru untuk Cek Tanda Lolos dan Ambil Nomor Antre BLT UMKM di Eform BRI

"Saya datang ke kawasan Malioboro, Yogyakarta, hari ini untuk bertemu dengan para pedagang kaki lima dan warung, dan meluncurkan program penyaluran bantuan tunai untuk mereka," cuit Twitter @jokowi 9 Oktober 2021 lalu.

Pengumuman dari Presiden tersebut merupakan kabar baik bagi masyarakat yang berprofesi sebagai PKL dan pemilik warung/warteg. Lantas, bagaimana cara mendapat BTPKLW? Ini syarat dan ketentuannya:

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x