Penyebab dan Cara Lapor jika gagal Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 22, Download Surat Ini Sekarang!

- 29 Oktober 2021, 13:35 WIB
Penyebab sering gagal Kartu Prakerja, bisa dilaporkan
Penyebab sering gagal Kartu Prakerja, bisa dilaporkan /https://www.prakerja.go.id/

BERITA DIY - Banyak pendaftar berulang kali gagal lolos Kartu Prakerja. Bila penyebab gagal lolos Prakerja dirasa tidak wajar, ternyata bisa dilaporkan langsung ke Manajemen Prakerja. Simak penjelasannya berikut ini. 

Salah satu program Kemnaker, yakni Kartu Prakerja telah memasuki Gelombang 22 dan sudah ditutup pada 27 Oktober 2021 kemarin.

Meski telah memasuki tahap atau Gelombang 22, namun masih banyak para pendaftar yang belum lolos seleksi Kartu Prakerja ini. 

Sejatinya, halaman dashboard Prakerja bisa segera menginformasikan terkait penyebab/kesalahan para pendaftar yang tidak lolos seleksi Kartu Prakerja dari gelombang ke gelombang.

Baca Juga: Pastikan 6 Hal Ini agar Auto Lolos Kartu Prakerja Gelombang 22, Buruan Login www.prakerja.go.id

Penyebab paling umum dari kegagalan ini ialah NIK dari para pendaftar sudah terdaftar dalam program bantuan lain. Dengan demikian, sebelum registrasi, para pendaftar hendaknya memastikan betul apakah NIK telah terdaftar dalam program bantuan pemerintah lain.

Dilansir dari laman resmi Instagram Kartu Prakerja (@prakerja.go.id), terdapat banyak cara untuk memastikan atau mengecek apakah NIK sudah terdaftar dalam bantuan lembaga lain. Cara untuk memastikan ialah sebagai berikut:

  1. Memeriksa NIK terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima BLT/BSU, bisa dilakukan di www.bsu.kemnaker.go.id atau melalui Call Center di nomor 1500 630.
  2. Memeriksa NIK terdaftar sebagai penerima BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro), bisa dilakukan di eform.bri.co.id/bpum.
  3. Memeriksa NIK terdaftar di Kemendikbud bisa dilakukan di Sekolah, Perguruan Tinggi terkait atau Kemendikbud untuk memperbaharui statusmu.
  4. Memeriksa NIK terdaftar sebagai penerima Bansos bisa dilakukan di dtks.kemensos.go.id.
  5. Memeriksa NIK valid/tidak bisa menghubungi Dukcapil di Call Center: 1500 537 Whatsapp/SMS: 08118005373; Email: [email protected] atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat.

Dalam situs web resmi Prakerja pun menyampaikan bahwa peserta yang sering kali gagal mendaftar kartu prakerja juga bisa melaporkan terkait kegagalannya.

Langkahnya ialah membuat pengaduan ke manajemen prakerja dengan mengisi surat pernyataan yang bisa diunduh melalui link surat pernyataan gagal 3 kali. Surat Pernyataan Gagal Prakerja bisa didownload di sini.

Baca Juga: Pastikan 6 Hal Ini agar Auto Lolos Kartu Prakerja Gelombang 22, Buruan Login www.prakerja.go.id

Bila sudah diisi dengan benar, surat pernyataan tersebut dikirimkan ke alamat email [email protected].

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: prakerja.go.id Instagram @prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x