Gagal Lolos BPUM 2021, UMKM Bisa Dapat Rp3,55 Juta dari Bantuan Lain, Simak Caranya di Sini

- 6 Oktober 2021, 08:50 WIB
ILUSTRASI - UMKM berkesempatan mendapat bantuan Rp3,55 juta apabila gagal lolos Banpres BPUM atau BLT UMKM tahap 3 tahun 2021.
ILUSTRASI - UMKM berkesempatan mendapat bantuan Rp3,55 juta apabila gagal lolos Banpres BPUM atau BLT UMKM tahap 3 tahun 2021. /Dok. BRI

BERITA DIY - BPUM 2021 dipastikan tidak diperpanjang meskipun bantuan dengan nama lain BLT UMKM itu masih bisa dicairkan di Bank BRI hingga bulan Desember. Namun, syaratnya UMKM telah dinyatakan sebagai penerima. 

Penerima BPUM 2021 terbatas pada 12,8 juta UMKM di seluruh Indonesia. Sehinggam tak semua dapat uang dengan besaran Rp1,2 juta. Adapun BLT UMKM tahap 3 menargetkan tiga juta penerima baru yang berakhir pada bulan September.

Tetapi ada kabar baik bagi UMKM yang gagal lolos BPUM 2021. Pasalnya, pelaku usaha bisa dapat bantuan dengan cara lain senilai Rp3,55 juta. Sebab, program ini memang diutamakan untuk pelaku usaha selama pandemi.

Baca Juga: 6 Cara Cairkan BLT UMKM Oktober di BRI dan Cek Penerima BPUM Rp 1,2 Juta di link eform.bri.co.id/bpum

Program Kartu Prakerja merupakan bantuan semi bansos yang memberikan fasilitas pelatihan dan uang insentif dengan total Rp3,55 juta kepada penerimnya.

Seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online dan mudah melalui gabung ke gelombang yang sedang dibuka. Saat ini, Kartu Prakerja telah sampai gelombang 21 dan akan membuka gelombang 22.

Sama seperti bantuan lainnya, ada ketentuan dan syarat yang berlaku bagi calon pendaftar Kartu Prakerja, yaitu:

Baca Juga: Tak Perlu Cek Penerima BPUM Tahap 3 di Link BRI - BNI, Orang yang Terima Tanda Ini Auto Dapat BLT UMKM Oktober

- WNI dengan usia 18 tahun ke atas

- Tidak sedang menjalani pendidikan formal

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x